Minggu, 24 Januari 2010

Teror di Tandes


oleh Dahlia Gratia Setiyawan - 24 Jan 2010

Sri dan orangtuanya, ayahnya dalam seragam petugas kepolisiannya.

Pada hari-hari segera setelah 1 Oktober 1965, unit tentara dan warga sipil di Surabaya - yang dikenal sebagai basis PKI - mulai bergerak melawan Partai Komunis Indonesia (PKI). Penangkapan orang-orang yang dicurigai sebagai anggota partai dan organisasi-organisasi terkait dimulai pada 2 Oktober tetapi kampanye mendapatkan momentum ketika ratusan orang menghadiri demonstrasi anti-komunis pada 16 Oktober di dekat obelisk yang menjulang tinggi yang dibangun untuk mengenang kepahlawanan masyarakat Surabaya pada tahun revolusi.

Dua hari kemudian, sebuah dekrit militer dikeluarkan yang menuntut agar semua pegawai negeri yang memiliki ikatan dengan PKI atau afiliasi PKI melapor kepada pihak berwenang setempat dan pada 22 Oktober PKI dan organisasi afiliasinya dilarang di kota. Menjelang akhir bulan, walikota Surabaya yang didukung PKI, Moerachman, dipenjara dan akhirnya menghilang setelah kemungkinan dibunuh oleh para penculiknya. Letnan Kolonel Sukotjo dari Divisi Brawijaya Jawa Timur dengan cepat menggantikannya.

Sukotjo segera memulai kampanye yang luas dan keras untuk membersihkan kota komunis. Salah satu lingkungan yang ditargetkan oleh pihak anti-PKI yang merampok saat ini adalah Simo Jawar di kecamatan Tandes di pinggiran Surabaya. Kisah yang mengikuti serangan milisi anti-komunis di Tandes menjelang akhir 1965 adalah kisah Hadi dan Sri, dua remaja yang selamat dari teror malam itu, yang kemudian menikah dan masih tinggal di dekatnya.

Ditandai untuk mati

Pada malam penyerbuan itu, milisi anti-PKI dari kabupaten lain berkumpul di Tandes untuk bertemu dengan koalisi anti-komunis setempat yang terdiri dari anggota Nahdlatul Ulama (NU) dan Partai Nasional Indonesia (PNI). Menurut Hadi, para penyerang tahu siapa yang harus ditargetkan ketika mereka pergi untuk membersihkan distrik komunis karena rekan-rekan mereka memberikan daftar nama dan alamat.

Serangan itu berlangsung di sekitar lingkungan Tandes. Itu dimulai di Simo Jawar sebelum pindah ke Donowati, Sukomanunggal, Tanjung Sari, dan seterusnya. Jelas dari ketepatan serangan ketika mereka menyebar melalui sub-distrik bahwa perampok berencana untuk tidak menangkap tetapi untuk membunuh. Hadi, yang berusia lima belas tahun saat itu, dan yang termuda dari sebelas bersaudara, mengenang, 'Ada truk yang penuh dengan orang, orang-orang biasa, bukan tentara, tetapi saya tidak tahu apakah mereka didukung oleh militer. Mereka membawa sabit dan parang. Mereka berhenti di depan pemakaman Simo Jawar. Ada beberapa truk. Orang-orang itu keluar, berlari melalui kuburan dan masuk melalui jalan yang membentang di belakang rumah-rumah penduduk. '

Jelas bagi Hadi dan penduduk desa lainnya setelah mendengar cerita dari para saksi mata pada hari berikutnya bahwa orang-orang luar yang menyerang lingkungan itu adalah anggota Partai Nasionalis Indonesia (PNI) dan organisasi pemuda NU, Ansor.Para penyusup semua berpakaian hitam dengan strip kain berwarna diikatkan di leher atau lengan mereka, merah PNI dan hijau Ansor.

Jelas dari ketepatan serangan ketika mereka menyebar melalui sub-distrik bahwa para perampok berencana untuk tidak menangkap tetapi untuk membunuh

Seperti yang diharapkan dari serangan itu, pada pendekatan mereka, penduduk desa berlari ke utara menuju sawah di belakang rumah mereka, di mana mereka pikir mereka akan aman. Para penyerang meninggalkan jejak kaki mereka di lumpur di belakang rumah-rumah, bersama dengan beberapa pakaian acak dan bahkan sepatu, dibuang di medan pertempuran. 

Keesokan paginya, mayat seorang pemuda yang dicurigai sebagai anggota PKI ditemukan terpotong-potong di sawah Sukomanunggal.Di Donowati, jasad seorang pengemudi becak yang telah dimutilasi bernama Sapon terletak di sebidang pisang tempat ia berusaha bersembunyi.

Meminta bantuan

Sri, gadis yang kemudian menjadi istri Hadi, berasal dari keluarga yang tidak memiliki koneksi PKI yang tinggal di seberang Jalan Raya Simo Jawar, jalan tunggal yang melewati lingkungan itu.

Ketika serangan dimulai, ayah Sri, seorang polisi, memerintahkan keluarganya untuk tetap di dalam. Sekitar pukul 11 ​​malam, seorang petugas polisi lainnya mulai menembaki rumah itu, dan meneriaki ayahnya, menuduhnya mendukung serangan itu.Dengan cepat berganti ke seragamnya, ia meraih senjatanya dan, dengan senjatanya terkokang dan siap menembak, pergi untuk membuka pintu depan. 

Ketakutan bahwa ayahnya akan dibunuh oleh rekannya dan anggota keluarga lainnya yang terbunuh di rumah mereka, Sri dan ibu serta saudara lelakinya bersembunyi di bawah tempat tidur, menangis dan berpelukan, dan berdoa untuk keselamatan mereka.

Setelah meyakinkan temannya bahwa dia tidak terlibat dalam kekerasan, ayah Sri setuju untuk menemaninya ke kantor polisi setempat. Tetapi ketika mereka melewati jalanan Tandes yang kacau, dia malah memutuskan untuk berlari melalui rawa-rawa ke markas polisi daerah di Kembang Kuning untuk mendapatkan bantuan dari polisi khusus brigade mobil (BRIMOB) .

Beberapa jam kemudian, dari tempat persembunyiannya di bawah tempat tidur, Sri mendengar sebuah truk mendekat dan kemudian berhenti di depan rumahnya. Sekelompok petugas BRIMOB turun mencari ayahnya yang telah menghubungi mereka melalui telepon dari kantor Kembang Kuning. Setelah diberi tahu bahwa dia tidak ada di rumah, mereka pergi melalui lingkungan di Tandes, melepaskan tembakan peringatan ketika mereka pergi.

Buntutnya

Ketakutan bahwa malam teror mereka akan diulang menyebabkan penduduk mengungsi. Sekembalinya mereka sekitar seminggu kemudian, selubung keheningan menyelimuti Tandes. Tidak ada yang mengatakan apa-apa bahkan ketika salah satu pemimpin NU lokal yang telah membantu menyusun daftar-hit yang diberikan kepada para penyerang memindahkan properti dari mantan pemiliknya - yang telah menghilang - ke dalam namanya sendiri.

Namun, akhirnya, pembangunan kembali sementara dimulai di desa. Ayah Sri melanjutkan posisinya dengan polisi Tandes. Setelah beberapa tahun, bahkan orang-orang yang selamat yang ditahan tanpa dakwaan atau persidangan, seperti pemungut cukai Legiman dan saudaranya Sali, pulang ke rumah, meskipun hidup selamanya dicap sebagai mantan tahanan politik.
Hadi dan keluarganya menunggu dengan cemas kembalinya saudara laki-lakinya Banawi, seorang mekanik yang telah bekerja untuk perusahaan pembuatan kapal milik negara di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. 

Banawi telah menjadi anggota aktif sayap pemuda PKI, Pemuda Rakyat . Karena afiliasinya dengan organisasi ini, ia telah ditahan jauh sebelum serangan itu, bersama dengan yang lain termasuk Legiman dan Sali, di sebuah bangunan terlantar di wilayah Mlaten di Kedurus, sekitar delapan kilometer dari Simo Jawar.

Meskipun ada upaya-upaya cemas untuk menemukannya - bahkan berisiko membayar kerabat jauh yang adalah seorang sersan di Komando Distrik Militer Tandes untuk melakukan penyelidikan - Banawi tidak pernah ditemukan. Menurut saudara-saudara Legiman dan Sali, ia dilaporkan ditembak di kaki oleh penjaga ketika berusaha melarikan diri dari penjara . Sementara Hadi mencurigai bahwa saudaranya mungkin salah satu tahanan yang dibawa oleh milisi lokal dan menembak, dia tidak akan pernah tahu pasti.

Hari ini, teror malam itu adalah topik yang jarang, jika pernah, dibicarakan secara terbuka. Akibatnya, generasi muda dan pendatang baru di wilayah ini tidak memiliki pengetahuan tentang sejarah tragis daerah tersebut. 

Banyak dari mereka yang selamat dari penggerebekan atau anggota keluarga yang hilang karena pembersihan PKI tetap takut untuk berbicara tentang apa yang mereka alami atau hanya tidak melihat tujuan untuk mengeruk masa lalu. Hadi dan Sri juga takut akan dampaknya.

Tetapi mereka merasa bahwa mereka harus berbicara sehingga ingatan para korban dan kekerasan di Tandes akan bertahan dalam keluarga mereka dan di antara komunitas mereka, dan agar kejadian malam itu dan bulan-bulan sebelum dan sesudahnya dapat diakui oleh dunia yang lebih luas.

Dahlia Gratia Setiyawan (dsetiyawan@ucla.edu) adalah Calon PhD di University of California, Los Angeles.

0 komentar:

Posting Komentar