Minggu, 21 April 2019

Masyumi Meradang


Ketika suara kaum islamis jauh dari harapan, suara yang memilih partai komunis justru mengalami peningkatan.

Hendi Johari - 21 April 2019

Kampanye Masyumi pada Pemilu 1955. (Sumber: Perpustakaan Nasional RI)

PEMILU 2019 sudah usai. Penghitungan sementara mengunggulkan PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) sebagai pendulang suara nomor satu. Di urutan kedua, Partai Gerindra (Gerakan Indonesia Raya) bersaing ketat dengan Partai Golkar (Golongan Karya). Sementara PKB (Partai Kebangkitan Bangsa), Partai Nasdem (Nasionalis Demokrat) dan PKS (Partai Keadilan Sejahtera) masih saling mengganti posisi di urutan berikutnya.

Perolehan suara tidak signifikan yang dialami oleh parpol-parpol islam juga pernah terjadi dalam Pemilu 1955. Di luar dugaan, Partai Masyumi (Majelis Syuro Muslimin Indonesia) ternyata gagal memuncaki perolehan suara. Masyumi hanya berhasil mengambil posisi nomor dua di bawah PNI (Partai Nasional Indonesia).
“Padahal kami saat itu sangat yakin bisa memenangkan Pemilu mengingat jumlah umat Islam paling banyak di Indonesia,”ujar Suarsa (88 tahun), eks aktivis Masyumi di Cianjur.
Hal mengejutkan justru terjadi pada PKI. Sebagai partai politik yang baru bangkit dari tidur, PKI justru bisa menyodok peringkat ke-4 setelah Partai NU (Nahdlatul Ulama).

Kenyataan Pahit

Optimisme Suarsa adalah cermin harapan orang-orang Masyumi di Indonesia kala itu. Menurut Remy Madinier dalam Partai Masjumi: Antara Godaan Demokrasi & Islam Integral, dengan kepercayaan diri yang kuat sebagai mayoritas dan modal yang besar, Masyumi bisa mangadakan sarana-sarana untuk kampanye seperti pengeras suara, pemutar film dantape recorder sehingga bisa mewujudkan rapat-rapat besar.

Tak ketinggalan, para juru kampanye yang dikenal memiliki reputasi sebagai “singa podium” seperti  Isa Anshary (Ketua Cabang Masyumi Jawa Barat) bisa mengundang massa yang berlimpah ruah. Justru situasi-situasi inilah, kata Madinier, yang turut andil memberi gambaran keliru di benak orang-orang Masyumi mengenai kekuatan pengaruh mereka sebenarnya.
“Itulah barangkali salah satu contoh yang menjelaskan keterpautan antara harapan yang dipupuk begitu tinggi dengan kenyataan pahit di hari pemungutan suara,”ungkap pakar sejarah politik dari Prancis tersebut.
Dan memang, pemungutan suara yang dilakukan pada 29 September 1955 justru menjadi mimpi buruk untuk Masyumi. Alih-alih menjadi juara, mereka harus menerima kenyataan hanya bisa menduduki posisi ke-2 di bawah PNI dengan angka 20,9% (PNI=22,3%).

Namun yang paling menjadikan para islamis itu meradang, musuh bebuyutan mereka yakni PKI, bisa menyodok di urutan ke-4 dengan angka 16,4%. Kendati masih terpaut jauh dalam hal jumlah keterwakilan, namun hal tersebut cukup memukul perasaan orang-orang Masyumi, mengingat selama kampanye Pemilu 1955 Masyumi kerap memperlakukan PKI sebagai “antagonis politik” nomor satu. Pun demikian sebaliknya PKI memperlakukan Masyumi.

Menanggapi “kekalahan” itu, sikap bijak justru diperlihatkan oleh Ketua Umum Masyumi Mohammad Natsir. Dalam Abadi edisi 2 Maret 1955, Natsir menyatakan bahwa kekalahan itu harus menjadi pelajaran bahwa keyakinan yang terlalu tinggi hanya akan menjadikan munculnya ketidakwaspadaan.
“Pemilu telah membuka tabir asap yang tadinya meliputi kita yang merasa diri paling besar jumlahnya…Ternyata semua yang menamakan dirinya umat Islam tidak sama merata dukungan mereka itu kepada ideologi Islam,” demikian menurut Natsir.

PKI Bangkit

Salah satu fenomena mengejutkan dalam Pemilu 1955 adalah bangkitnya PKI menyerobot posisi 4 besar. PKI berjaya bukan saja di basis-basis tradisional mereka, namun juga di basis-basis partai islam seperti Wonosobo, Brebes, Cilacap, Purbalingga dan Kudus. Keberhasilan itu tak lepas dari suksesnya PKI merangkul beberapa kiyai ternama seperti Kiyai Ahmad Dasoeki dan Kiyai Sabitun.

Di Solo, pada 1960-an PKI malah mendirikan sebuah organisasi mantel yang menampung keberadaan umat Islam di partainya. Namanya Ikhwanul Muslimin. Menurut Idham Chalid dalam buku biografinya, Napak Tilas Pengabdian Idham Chalid, Ikhwanul Muslimin bikinan PKI itu dipimpin oleh KH. Sirat. Namun menurut ulama NU terkemuka tersebut, dirinya sangsi  bahwa KH. Sirat  mengerti marxisme dan leninisme yang menjadi dua garis perjuangan PKI.

Selain itu, tim sukses PKI pun sangat pandai membuat sarana kampanye yang sangkil. Sadar keuangan mereka tidak sebanyak parpol-parpol besar lainnya, mereka mencari cara agar kampanye bisa dilakukan semurah meriah mungkin namun mangkus.

Dalam memoarnya, Siswoyo dalam Pusaran Arus Kiri, mantan anggota Sekretariat CC PKI Siswoyo bercerita kendati mereka tidak mengesampingkan rapat-rapat besar, namun pertemuan-pertemuan kecil seperti mengunjungi para buruh dan petani di komunitasnya masing-masing lebih sering dilakukan. Kampanye lebih diarahkan kepada dialog dan diskusi daripada indoktrinasi.

Kampanye mereka pun biasanya hanya menggunakan sarana seadanya namun mangkus. Salah satu contoh, di Jawa Tengah, mereka membuat rakit-rakit dari gedebok pisang lantas ditancapi bendera palu arit (simbol PKI). Rakit-rakit itu kemudian dilabuhkan dari hulu sungai dan dibiarkan mengikuti arus hingga bisa dilihat oleh penduduk sepanjang sungai.

Di Semarang, Kendal dan Pekalongan, para petani PKI membuat ratusan layang-layang yang sudah digambari simbol palu arit. Setelah jadi, layang-layang itu diterbangkan lalu diputus begitu saja hingga jatuh di berbagai tempat hingga desa yang terpencil sekali pun.

Satya Graha, jurnalis dari Suluh Indonesia (koran-nya PNI) menjadi saksi bagaimana militannya para buruh PKI beraksi. Mereka melukis simbol-simbol partai di kereta api-kereta api barang.
“Rupanya mereka mau memanfaatkan kereta api barang yang banyak berkeliling ke banyak tempat di pulau Jawa untuk kampanye,” ungkap jurnalis senior itu.
Singkat kata, para aktivis PKI dalam berkampanye memang kreatif, inovatif dan sangat cair dengan kalangan rakyat kecil saat itu. Hasilnya, mereka berhasil meraup 6.179.914 suara, suatu prestasi jauh dari lumayan bagi sebuah partai politik yang baru bangkit dari tidur.

0 komentar:

Posting Komentar