Minggu, 07 April 2019

Rwanda mempersiapkan peringatan genosida tahun 1994 selama seminggu


Dua puluh lima tahun kemudian, Rwanda terus menghidupkan ingatan lebih dari 800.000 orang yang terbunuh selama 100 hari kekerasan Hutu.

7 Apr 2019



Kigali, Rwanda -  Rwanda akan memulai acara selama seminggu selama 25 tahun sejak genosida 1994, yang  dianggap sebagai salah satu kekejaman terburuk abad kedua puluh, di mana lebih dari 800.000 orang tewas.

Di seberang ibukota, Kigali, persiapan menit-menit terakhir sedang dilakukan untuk menyiapkan kota untuk hari pertama zikir  pada hari Minggu.
Di stadion nasional kota, Amphora, pemuda Rwanda sedang berlatih memainkan yang akan mereka lakukan untuk para pemimpin dunia yang akan menghadiri berjaga-jaga di tanah pada hari Minggu.

Sebagian besar di stadion berkapasitas 30.000 tidak lahir ketika lebih dari 800.000 kelompok etnis Tutsi tewas selama 100 hari kekerasan oleh pasukan dan warga dari kelompok etnis Hutu. Ribuan Hutu moderat juga tewas dalam kekerasan.
"Kita seharusnya tidak pernah melupakan masa lalu kita," Deborah Mwanganjye, 19, mengatakan kepada Al Jazeera, ketika teman-temannya berlatih jarak jauh di bawah gerimis sore yang ringan.
"Kita perlu mengingat masa lalu kita sehingga kita tidak pernah melakukan kesalahan yang sama," Mwanganjye, yang memulai universitas untuk mempelajari desain interior musim panas ini, mengatakan.
Seperti hampir semua teman-temannya, genosida - salah satu peristiwa paling berdarah pada abad terakhir - telah menyentuhnya secara pribadi.
"Hanya ayahku yang selamat dari genosida. Keluarganya yang terbunuh. Sulit untuk menerima tetapi itu adalah kehidupan," kata Mwanganjye, mengambil napas dalam-dalam sambil melihat ke langit yang berawan.
Kecuali ayahnya, semua anggota keluarga langsung Deborah Mwanganjye yang berusia 19 tahun tewas dalam genosida 1994 [Hamza Mohamed / Al Jazeera]
Populasi negara itu diperkirakan sekitar delapan juta ketika genosida terjadi. Lebih dari setengah dari 12 juta penduduk negara itu lahir setelah genosida, menurut statistik resmi pemerintah.

Berlindung dari gerimis di tribun stadion yang tertutup, Jean Michel Iradukunda, 19, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa dia adalah salah satu dari sedikit yang beruntung yang tidak kehilangan anggota keluarga dalam genosida.
"Baik orang tua saya dan semua saudara kandung saya masih hidup. Saya tahu saya sangat beruntung. Tetapi saya juga merasakan sakitnya teman-teman saya yang kehilangan anggota keluarga," kata siswa yang baru lulus dari sekolah menengah itu.
Setelah genosida, negara kecil di Afrika tengah itu melarang label etnis, mengeluarkan nama suku dari kartu identitas, dan pihak berwenang mendorong orang untuk mengidentifikasi diri mereka sebagai orang Rwanda - bukan Hutu, Tutsi atau Twa. 

Diskriminasi terhadap seseorang berdasarkan latar belakang etnis mereka juga telah membuat kejahatan dapat dihukum dengan hukuman penjara.
"Saya tidak melihat perlunya mengidentifikasi diri menggunakan label etnis. Itu hanya mengarah pada hal-hal buruk dan diskriminasi. Saya melihat diri saya sebagai orang Rwanda. Label etnis hanya membawa Anda ke satu jalur - genosida," Maurice Kwizerimana, seorang pemuda pemimpin yang menjalankan Gira Ubumuntu - sebuah badan amal yang merawat anak jalanan, kata Al Jazeera.
Kwizerimana berusia lima tahun pada 7 April ketika genosida dimulai. Dia tahu betapa beruntungnya dia bisa selamat.
"Mereka membunuh semua orang yang mereka curigai sebagai orang Tutsi, bahkan bayi. Mereka pergi dari rumah ke rumah. Kemudian seorang tetangga datang ke keluargaku dan menyuruhku mengenakan gaun. Aku berpura-pura menjadi perempuan dan itulah bagaimana aku selamat," dia kata.
Sepupunya tidak seberuntung itu. Dia diperkosa lalu dibajak sampai mati, kata Kwizerimana.

Jean Michel Iradukunda adalah salah satu dari sedikit yang beruntung yang tidak kehilangan anggota keluarga dalam genosida [Hamza Mohamed / Al Jazeera] 

Bergerak

Ketiganya mengatakan mereka bangga seberapa jauh negara mereka telah datang sejak genosida.
"Saya sangat senang dan bangga menjadi warga Rwanda. Kami telah menempuh perjalanan yang jauh dari masa-masa kelam dan terus melangkah. Negara kami memiliki masa depan yang cerah. Kekuatan negara kami adalah masa mudanya," kata Iradukunda.
Thiery Gatete, seorang analis politik yang berbasis di Kigali, setuju dengan mereka tetapi menambahkan bahwa negara ini masih memiliki jalan panjang untuk memastikan kesalahan yang sama tidak terulang.
"Ideologi genosida masih ada di benak beberapa orang. Tidak banyak tetapi beberapa. Semua Rwanda harus berbuat lebih banyak untuk memastikan kami menantang mereka dan mengubah pola pikir mereka," kata Gatete.
"Melarang label etnik adalah langkah pertama. Kita harus mengambil lebih banyak langkah untuk memberantas ideologi berbahaya yang menyebabkan genosida," tambah Gatete.
Setelah genosida, lebih dari 100.000 orang ditangkap karena peran mereka dalam pembantaian. Ribuan orang saat ini menjalani hukuman penjara karena ikut serta dalam pembantaian sesama warga negara mereka.
Tetapi untuk pemuda Rwanda, mereka mengatakan pengampunan adalah jalan ke depan.
"Saya tidak bisa melupakan hal-hal buruk yang dilakukan terhadap keluarga saya. Tetapi saya telah memaafkan para pelaku. Ini adalah hal terbaik untuk dilakukan jika kita ingin negara kita bergerak maju," kata Mwanganjye.

0 komentar:

Posting Komentar