Kamis, 29 Oktober 2015

11 Jasad diduga korban PKI ditemukan saat penggalian tahun 1984

Reporter : Gede Nadi Jaya | Kamis, 29 Oktober 2015 18:01

Pembongkaran kuburan massal eks anggota PKI di Banjar Adat Mesean. ©2015 merdeka.com/gede nadi jaya
 
Merdeka.com - Penggalian kuburan massal diduga eks korban PKI di wilayah Batu Agung, Jembrana, Bali ternyata bukan kali pertama. Pada tahun 1984 saat dilakukan penyisiran, di tempat ini terdapat 11 jasad yang berhasil diangkat dan dipindahkan ke ke kuburan oleh pihak keluarga.

Sayangnya saat itu tidak dilanjutkan penggalian atau pencarian. Hingga berjalan puluhan tahun, tokoh masyarakat mendatangi orang pintar terkait seringnya ada kejadian aneh di desanya. Hasilnya, terlihat masih banyak lagi korban eks PKI yang dikubur secara massal di jalan tersebut.

"Untuk saat ini baru sembilan saja yang kita ketahui. Memang tahun 80-an ada pihak keluarga korban mengadakan penggalian, kabarnya ada 11 jasad yang berhasil ditemukan dan sudah dipindahkan," terang Kelihatan Adat Mesean Ida Bagus Ketut Siwa, Kamis (29/10).

Dirinya tidak pasti apakah masih ada lagi jasad korban eks PKI ini selain sembilan jasad yang diketahui.

"Kita Gali yang sudah pasti saja dahulu, tidak perlu berandai-andai. Terpenting kita lakukan upacara pembersihan dan permakluman bilamana ada yang tersisa dan tidak dapat kita temukan," ungkapnya.

Dipastikannya kesembilan jasad ini nantinya akan dikumpulkan dan dilakukan upacara pengabenan (kremasi) secara adat Bali.

"Hingga saat ini kita masih terus lakukan penggalian. Soal kapan akan dilakukan upcara desa, tinggal menunggu hari baik dan waktu yang tepat," pungkasnya.
[cob]
 
http://www.merdeka.com/peristiwa/11-jasad-diduga-korban-pki-ditemukan-saat-penggalian-tahun-1984.html

0 komentar:

Posting Komentar