Jumat, 02 Oktober 2015

Titik Awal

2/10/2015 


Tempat ini namanya Luweng Grubug, sebuah gua vertikal di Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Gua ini terkenal sebagai tempat pembunuhan anggota partai komunis dan pendukungnya. Dari November 1965 sampai Januari 1966, kira-kira 1500 orang dibunuh di sini.
Pada awal masa reformasi setelah Soeharto tumbang, ayah dan ibu saya langsung bergabung dengan tim Yayasan Penelitian Korban Pembunuhan 1965-1966 (YPKP 65). Luweng Grubug adalah hasil penelitian dan pencarian mereka bersama tim YPKP 65. Jadi, terutama bagi generasi ayah dan adik-adiknya, Luweng Grubug adalah titik akhir atas pertanyaan mereka selama ini.

Tapi bagi saya, ini sama sekali bukan titik akhir. Luweng Grubug justru menjadi titik awal bagi saya, bagi banyak pertanyaan lain soal latar belakang kakek saya, dan kenapa ia harus dihilangkan.


​Rangga Purbaya

#1965setiaphari #living1965

http://1965setiaphari.org/1965setiaphari/titik-awal 

0 komentar:

Posting Komentar