Senin, 20 Februari 2017

Minuman untuk kemanusiaan


Ditulis oleh Pat Walsh | 20 Feb 2017

Aktivis hak asasi manusia Putu Oka Sukanta. (Kredit: Yayasan Herb Feith)

The Herb Feith Foundation memberikan penghargaan pendidikan hak asasi manusia pertamanya kepada Putu Oka Sukanta . Pat Walsh mempresentasikan penghargaan.

"Saya memakai topi ini untuk menjaga agar kepala saya tetap hangat karena AC, tetapi juga untuk menghentikan saya dari mendapatkan kepala yang bengkak," kata Pak Putu dengan masam setelah saya menyerahkan kepadanya Penghargaan Pendidikan Hak Asasi Manusia Herb Feith Education di Jakarta pada 1 Desember terakhir.

Komentar ini khas dari pria yang sangat sensitif, berbakat, hangat, dan penuh perhatian ini. Sekarang berusia 77 tahun, Pak Putu telah mempertahankan selera humor dan kepercayaan inspirasionalnya pada kemanusiaan dan Indonesia meski telah bertahun-tahun dipenjara selama era Soeharto, dan penolakan terhadap cita-cita yang ia perjuangkan, tak terkecuali keinginannya yang kuat untuk melayani sesama manusia makhluk. Inside Indonesia menyoroti aspek karakter Pak Putu ini dalam edisi pertamanya. Dalam sebuah artikel pada bulan November 1983, Keith Foulcher berkomentar bahwa puisi Putu Oka membangkitkan kembali 'gagasan seniman sebagai makhluk sosial'. 

Penghargaan Herb Feith Foundation didirikan tepat untuk mengenali dan mempromosikan konsep layanan kreatif kemanusiaan yang begitu indah dijalani oleh Pak Putu. Ini adalah cita-cita yang diwujudkan oleh Herb Feith, meskipun sebagai akademis dan bukan sebagai seniman seperti Putu Oka. 

Penghargaan tersebut, kata Foundation, adalah untuk mengakui banyak kontribusi Pak Putu untuk pendidikan hak asasi manusia di Indonesia melalui tulisannya (fiksi dan non-fiksi), pengeditan, produksi film dan kegiatan pendidikan masyarakat. 

Menyusul pembebasannya setelah 10 tahun di penjara tanpa pengadilan (1966-1976), Putu telah membuat setidaknya enam film menggunakan kesaksian yang selamat untuk membantah propaganda tentang komunis dan untuk mempublikasikan penderitaan mantan tahanan politik dan keluarga mereka. Dia telah menghasilkan setidaknya tiga koleksi yang diedit termasuk akun sejarah lisan yang langka, mengorganisir diskusi buku yang tak terhitung jumlahnya, pemutaran film dan acara di Indonesia dan mempresentasikan ide-idenya dan karya-karyanya di seluruh dunia. Buku-bukunya, termasuk novel, cerita pendek dan puisi, telah diterjemahkan ke bahasa Inggris, Jerman, dan Prancis. 

Perhatian utama dari karyanya adalah pemulihan dimensi manusia ke peristiwa dan setelah 1965 - terlalu sering direduksi menjadi istilah politik dan penelitian murni.   

Dia saat ini sedang menulis novel ketiga tentang bagaimana para tahanan selamat setelah dibebaskan, kadang-kadang terkendala oleh keasyikan mereka sendiri pada masa lalu atau melepaskan cita-cita lama. Bagian finansial dari penghargaan akan membantu proyek itu. 
Pak Putu berkata bahwa dia menyambut penghargaan itu seperti minuman menyegarkan yang ditawarkan kepada seorang pelancong yang lelah dalam perjalanan panjang. 

Sepanjang jalan, kata Putu, 'Saya terhenti oleh suara ramah yang memanggil nama saya. Perlahan-lahan suara itu dikenal sebagai pot minum dari tanah liat, dengan lembut didukung oleh banyak tangan. Saya melihatnya dengan jelas, basah oleh embun, dan saya tahu pasti itu memegang air roh kehidupan, segar dan jernih. Tangan-tangan mengulurkan teko ke bibir saya yang kering dan haus, dan dari semburannya saya minum dengan hormat dan solidaritas sesama aktivis untuk kemanusiaan. Itu mendinginkan semangat saya, dan memberi saya energi. '

Acara penghargaan itu menyenangkan dan menginspirasi. Itu diadakan di Ruang Di Ke: Kini di Menteng, ruang publik yang indah, dan diorganisir untuk Herb Feith Foundation oleh Asia Justice and Rights (AJAR), sebuah LSM Indonesia yang didedikasikan untuk mendukung para penyintas pelanggaran HAM di Indonesia dan negara-negara lain. di wilayah tersebut. AJAR juga memutar film dokumenter pendek tentang Putu yang mencakup wawancara dengannya dalam praktik akupunkturnya, keterampilan yang ia dapatkan di penjara. 

Anak muda Indonesia membaca kutipan dari tulisan-tulisan Putu Oka. Sejumlah mantan tahanan politik yang sudah tua juga hadir dan, pada akhir persidangan, disuguhi tutorial dadakan yang lucu oleh salah satu nomor mereka tentang cara menghentikan pendengaran mereka yang memburuk.

Menghadirkan penghargaan kepada Putu, saya berkomentar bahwa kreativitas Putu pasca-penahanan adalah ukuran skala hilangnya modal intelektual dan budaya yang dialami Indonesia pasca-1965.

Penulis Pat Walsh dengan Pak Putu. (Kredit: Pat Walsh)

Saya merujuk pada patung papier mache dari seorang wanita jamu, yang dibuat oleh seorang tahanan politik, yang saya beli di Bandung pada tahun 1969. Tanpa saya ketahui, Pak Putu sudah berada di penjara selama sekitar tiga tahun saat itu, tetapi keindahan dari patung tersebut mengejutkan saya, seorang pemuda yang tidak bersalah secara politis, hingga menyadari kaliber dan penyempurnaan para interniran. Orang Indonesia yang kita anggap sebagai monster adalah orang-orang berbakat yang peka dan berbakat! Seiring waktu, itu juga membantu saya menyadari kekerasan yang telah ditimbulkan oleh Indonesia pada waktu itu, tidak hanya pada banyak putra dan putri yang paling cerdas tetapi juga pada kepribadian dan semangatnya sebagai sebuah bangsa, dan betapa monster yang bisa dimiliki oleh militer yang tidak terkendali. Saya juga menyimpulkan, sayangnya, bahwa pemerintah Barat tidak dapat dipercaya untuk mengutamakan hak asasi manusia ketika kepentingan mereka dipertaruhkan. Apakah Australia berbicara untuk Pak Putu, pencipta patung saya, dan jenisnya pada saat itu? Saya meragukannya, justru sebaliknya. Karena itu, saya sangat tersentuh bahwa atas nama organisasi Australia saya dapat menebus kegagalan Australia sedikit demi sedikit dengan memberi hormat kepada Pak Putu dan, dengan kata-katanya, memberinya energi untuk melanjutkan.

Dalam puisinya, Kelahiran Kembali, Putu Oka menulis, "Ada sebuah lagu yang tidak pernah mati / kegelisahan hati yang menunggu." Penantian telah lama tetapi dengan tulisannya dan karya kreatif lainnya Putu Oka memastikan ingatan tahun 1965 tidak hanya tidak akan pernah mati tetapi juga terdengar lebih keras dan lebih luas. Namun, kerja kerasnya hanya akan bermanfaat pada akhirnya, jika kegilaan tahun 1965 tidak pernah terulang. Itu adalah pekerjaan untuk kita semua. Ini akan menjadi penghargaan utama Pak Putu dan alasan yang adil untuk kepala yang sangat bengkak. 

Pat Walsh (www.patwalsh.net) adalah salah satu pendiri Inside Indonesia.

Sumber: Inside Indonesia 

0 komentar:

Posting Komentar