Senin, 19 Februari 2018

Beredar Video PKI Latihan, Hoax! Bukan di Indonesia

Bismillah, dengan niat ibadah karena menunaikan perintah Allah SWT sebagaimana dalam Surat Al-Hujarat: 6, maka kami akan kembali menyampaikan hasil tabayyun kami.

Di media sosial beredar sebuah video yang di dalamnya berisi pasukan bersenjata sedang melaksanakan latihan. Dalam video tersebut nampak simbol-simbol PKI.

Video tersebut menampilkan wajah-wajah seperti orang Indonesia. Dengan latar pegunungan yang bagi orang Indonesia tidak asing.

Screenshoot video hoax PKI 1 
Screenshoot video hoax PKI 2
Screenshoot video hoax PKI 3

Screenshoot video hoax PKI 4

Screenshoot video hoax PKI 5

Namun setelah kami telusuri menggunakan sistem kami, ternyata video tersebut bukan PKI di Indonesia. melainkan sebuah penggalan video dari pasukan NPA (New Peoples Army) di Filipina.

Berikut ini link asli dari video hoax tentang PKI bersenjata sedang berlatih. Di menit ke 1:40 , terdapat video yang dijadikan bahan hoax tersebut:


Dikutip dari Wikipedia, NPA (New Peoples Army) merupakan sayap bersenjata Partai Komunis Filipina (Communist Party of the Philippines).


Organisasi ini dibentuk dan didirikan oleh Bernabe Buscayno, yang berjulukan "Komandan Dante", dan Lucio Manlapaz pada tanggal 29 Maret 1969. Organisasi beraliran Maois ini melakukan perlawanan gerilya bersenjata berdasarkan garis strategi "perang rakyat yang berlarut-larut". Angkatan Darat Filipina memperkirakan kekuatan Tentara Rakyat Baru mencapai 3.200 milisi pada akhir tahun 2015.

Sumber: Dakwah.Web.Id

0 komentar:

Posting Komentar