Kamis, 31 Mei 2018

Pertemuan Jokowi dan Peserta Aksi Kamisan Digelar Tertutup

IHSANUDDIN Kompas.com - 31/05/2018, 15:30 WIB

Presiden Jokowi bertemu peserta aksi kamisan di Istana Negara, Kamis (31/5/2018).(KOMPAS.com/Ihsanuddin)

JAKARTA - Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan peserta aksi Kamisan digelar secara tertutup. Pantauan Kompas.com, para peserta aksi kamisan tiba di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (31/5/2018) siang sekitar pukul 14.20 WIB. 

Tak lama kemudian, mereka langsung dipersilakan menuju Istana Merdeka untuk bertemu dengan Jokowi. Jokowi didampingi Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Koordinator Staf Khusus Teten Masduki, serta Staf Khusus Johan bidang Komunikasi Johan Budi dan Adita Irawati.

Peserta Aksi Kamisan bertemu Jokowi di Istana, Kamis (31/5/2018).(KOMPAS.com/Ihsanuddin) 


Kendati demikian, Maria Catarina Sumarsih, ibu dari korban tragedi Semanggi I, sempat memberikan keterangan singkat kepada wartawan sebelum pertemuan. 

Sumarsih mengatakan, pertemuan ini tak akan disia-siakan oleh para keluarga korban untuk menyampaikan tuntutan langsung ke Jokowi. 

"Kita tuntut Pak Jokowi menyelesaikan kasus pelanggaran berat HAM masa lalu," kata dia.
Sumarsih memastikan, aksi Kamisan akan terus dilakukan sampai seluruh kasus pelanggaran HAM dituntaskan. Pertemuan dengan Presiden Jokowi bukan berarti membuat keluarga korban akan berhenti menggelar aksi di seberang Istana setiap hari Kamis. 
"Kita sudah 540 kali aksi Kamisan, masa kita cuma mau ngobrol sama Presiden," ujarnya. 
Selain Sumarsih, ada 20 orang peserta kamisan lainnya yang bertemu Jokowi. Mereka adalah keluarga korban pelanggaran HAM Trisakti, Semanggi, Talangsari, Tanjung Priok dan lain-lain.  

Mereka biasa menggelar aksi setiap hari Kamis di seberang Istana Kepresidenan sejak 2007. Pada aksi yang ke-450 ini, untuk pertama kalinya para peserta Kamisan diterima Presiden di Istana. 

Pertemuan Presiden dan peserta aksi Kamisan berlangsung tertutup.
Penulis : Ihsanuddin
Editor : Krisiandi

Sumber: Kompas.Com 

0 komentar:

Posting Komentar