Senin, 24 Agustus 2015

Upaya meminta maaf kepada korban HAM 1965 'masih panjang'

24 Agustus 2015

Proses rekonsiliasi terkait dugaan pelanggaran HAM pada tahun 1965 masih belum berhasil.
Dalam pidato kenegaraan HUT ke-70 RI di gedung DPR/MPR beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo, mengatakan pemerintah masih mencari jalan paling bijak untuk menyelesaikan kasus pelanggaran HAM.
Sebelumnya sejumlah pihak sempat memperkirakan Presiden Jokowi akan menyatakan permintaan maaf dalam pidato kenegaraan tersebut.
Namun Wakil Presiden Jusuf Kala, dalam wawancara dengan BBC Indonesia, menepis hal tersebut.
"Issu permintaan maaf itu, timbul dulu diperkirakan dalam pidato kenegaraan presiden (14 Agustus 2015). Tapi ternyata kan tidak ada."
"Tidak tahu dasarnya apa, tapi yang jelas tidak ada itu permintaan maaf dari presiden. Karena tidak jelas mau minta maaf oleh siapa atas salah apa kan," jelas Jusuf Kalla kepada Heyder Affan dalam wawancara eksklusif dengan BBC Indonesia.
Sementara itu Jaksa Agung H.M. Prasetyo menjelaskan bahwa permintaan maaf oleh pemerintah kepada korban pelanggaran HAM tahun 1965 dan 1966 bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan.
Sebab sebelum meminta maaf, pemerintah perlu untuk mengungkap kebenaran terlebih dahulu dan hal ini sulit dilakukan mengingat kejadian tersebut sudah terjadi 50 tahun yang lalu.

Tuntutan korban

Jusuf Kalla
Image captionWakil Presiden Jusuf Kalla mempertanyakan kepada siapa pemerintah harus meminta maaf.
Selain itu, jaksa agung juga menjelaskan bahwa adanya perbedaan pendapat mengenai yang seharusnya dilakukan pemerintah telah membuat proses rekonsiliasi akan memakan waktu lama.
"Yang menggembirakan dari pihak Komnas HAM sendiri sudah sepakat dan satu semangat dengan kita (pemerintah) untuk menyelesaikan secepatnya. Keluarga korban juga sudah menyatakan persetujuannya."
"Yang masih agak sulit justru para pegiat HAM yang menuntut diselesaikan secara hukum," kata H.M. Prasetyo kepada wartawan BBC Indonesia, Rizki Washarti.
Namun, Nani Nurani, seorang wanita berusia 74 tahun yang pernah dipenjara setelah dituduh merupakan bagian dari Lekra dan PKI hanya karena menjadi seorang penari, masih menuntut permintaan maaf dan pemulihannya nama baiknya.

Proses hukum

Nani hingga saat ini masih memperjuangkan hal tersebut melalui proses hukum, yang sudah memasuki tahapan kasasi.
"Kalau untuk saya, sebenarnya kalau mungkin tidak sekedar minta maaf, tapi kalau untuk pribadi harus diletakkan hukum itu di mana? Hak saya itu di mana? Kalau kasus saya sudah jelas ke pengadilan, diselesain dong," kata Nani.
Presiden Joko Widodo ketika berkampanye sebagai calon Presiden RI mengatakan bahwa penyelesaian kasus-kasus pelanggaran HAM akan menjadi prioritasnya.
Namun setelah hampir satu tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kall berjalan, masih belum terlihat tanda-tanda upaya penyelesaian kasus HAM 1965.
Dalam pembantaian massal tahun 1965 hingga 1966 yang terjadi setelah 30 September 1965, banyak warga Indonesia yang dibunuh, dihukum, dan diasingkan tanpa melalui proses hukum peradilan.

Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi, KKR, yang diharapkan dapat menyelesaikan masalah ini, belum dapat dibentuk, setelah Mahkamah Konstitusi membatalkan Undang-undang KKR.

Sumber: BBC Indonesia 

0 komentar:

Posting Komentar