Senin, 30 Mei 2016

Soeharto Pahlawan Nasional Belum Diusulkan ke Tim Dewan Gelar

, CNN Indonesia
Senin, 30/05/2016 21:31 WIB

Ketua Tim Dewan Gelar Ryamizard Ryacudu mengaku belum menerima usulan soal Soeharto untuk jadi pahlawan nasional. (REUTERS/Darren Whiteside)

Jakarta, CNN Indonesia -- Tim Dewan Gelar belum menerima usulan pemberian gelar jabatan kepada Presiden Kedua Indonesia Soeharto. Ketua Tim Dewan Gelar Ryamizard Ryacudu menuturkan, jajarannya akan tetap merapatkan hal ini meski belum ada usulan.

Namun Menteri Pertahanan itu belum mengetahui waktu membahas pemberian gelar pahlawan nasional kepada Soeharto.


"Belum ada usulan. Kalau enggak ada pun dirapatkan," kata Ryamizard di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (30/5).

Karena belum adanya usulan kepada Tim Dewan Gelar menyebabkan belum dilaporkannya hal ini kepada Presiden Joko Widodo.

Wacana pemberian gelar ini selalu mengemuka jelang Hari Pahlawan, 10 November. Wacana ini kembali menguat setelah Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Golkar di Bali, 14-17 Mei. Partai Golkar merekomendasikan pemberian gelar pahlawan nasional dalam Munaslub.

Berdasarkan laman web www.setneg.go.id, masyarakat berhak mengajukan usulan calon pahlawan nasional ke bupati atau wali kota setempat. Setelah itu kepala daerah mengusulkan calon pahlawan nasional pada gubernur melalui instansi sosial provinsi setempat.

Tahapan selanjutnya adalah instansi sosial provinsi menyerahkan usulan calon pahlawan nasional kepada Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) yang dipimpin menteri sosial agar usulan diteliti dan dikaji.

Setelah diteliti dan dikaji, Mensos akan menyerahkan usulan ke Presiden Indonesia melalui Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan untuk mendapatkan persetujuan akhir mengenai pemberian gelar pahlawan nasional.

Jika presiden menyetujui usulan itu maka orang tersebut akan dianugerahi gelar pahlawan nasional dalam sebuah upacara yang digelar bersamaan dengan Hari Pahlawan. (sur)


http://www.cnnindonesia.com/nasional/20160530195612-20-134526/soeharto-pahlawan-nasional-belum-diusulkan-ke-tim-dewan-gelar/

0 komentar:

Posting Komentar