Jumat, 05 Oktober 2018

Jokowi di HUT TNI ke-73: Tugas Saya Memberantas Warisan PKI


Reporter: Ahmad Faiz Ibnu Sani | Editor: Endri Kurniawati
Jumat, 5 Oktober 2018 11:30 WIB

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melihat deretan kendaraan TNI yang dihadirkan dalam pameran alat utama sistem persenjataan (alutsista) di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis, 27 September 2018. Pameran alutsista ini digelar pada Kamis-Sabtu, 27-29 September 2018. TEMPO/Subekti

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan ia akan memberantas komunisme sesuai tugasnya sebagai panglima tertinggi Tentara Nasional Indonesia (TNI). Hal itu ia sampaikan dalam amanatnya di upacara peringatan Hari Ulang Tahun atau HUT TNI ke73 di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta, Jumat, 5 Oktober 2018.

Jokowi menjelaskan ideologi yang dianut oleh Indonesia hanyalah Pancasila. Ideologi di luar itu dilarang. 
"Sebagai panglima tertinggi Angkatan Laut, Angkatan Udara, Angkatan Darat tugas saya adalah bersama saudara-saudara menjaga NKRI, Pancasila, UUD 1945, dan Bhineka Tunggal Ika. Bersama-sama saudara-saudara melawan ideologi lain selain Pancasila, memberantas komunisme dan warisan PKI (Partai Komunis Indonesia)," katanya. 
Selain itu, Jokowi menuturkan tugas utama personel TNI adalah memegang teguh sumpah prajurit demi menjadikan TNI makin profesional. TNI yang profesional, kata dia, mendukung demokrasi dan pembangunan nasional serta memegang teguh prinsip politik negara seperti perintah Panglima Besar Jenderal Sudirman.

Dalam acara ini, Jokowi mengingatkan tantangan TNI ke depan makin kompleks seiring kemajuan teknologi informasi. Kemajuan tersebut berdampak pada perubahan sosial yang menjadi sebuah tantangan nyata dan harus diantisipasi.

Jokowi meminta TNI waspada terhadap segala upaya untuk merongrong NKRI dan Pancasila baik dari dalam maupun luar negeri. Selain itu, Jokowi memerintahkan agar waspada pula terhadap peperangan nyata di bidang budaya dan ekonomi di era perdagangan bebas dan perkembangan teknologi
 "Kita harus bergegas memperkokoh pondasi pembangunan nasional yang nyata," ujar Jokowi pada peringatan HUT TNI ke73 itu. 
Sumber: Tempo.Co

0 komentar:

Posting Komentar