Senin, 12 September 2016

Landreform dan Aksi Sepihak BTI Mengganyang Setan Desa



Massa Partai Komunis Indonesia (foto:Istimewa)
HANCURNYA kekuasaan kolonial pada 1942, memiliki arti yang sangat penting, lebih dari sekedar peralihan tampuk kekuasaan dari tangan kolonial ke penguasa fasisme Jepang dan akhirnya ke Pemerintah Republik Indonesia (RI) yang berdaulat.

Ditinjau secara sosiologis, terungkap bahwa hancurnya kekuasaan kolonial membawa pula kehancuran nilai-nilai kepatuhan, aturan, disiplin sosial, dan ekonomi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya di Jawa.

Puluhan tahun kekuasaan kolonial telah memberikan pemahaman dan citra ala kadarnya tentang bangunan sosial kepada masyarakat.

Administrasi rutin yang sudah berjalan selama berpuluh tahun, lenyapnya tuan-tuan kebun, kontrolir, polisi intelijen, polisi desa, dan macetnya produksi kolonial, memberikan pelajaran yang sangat berharga kepada masyarakat, bahwa semua hal bisa hancur dalam sekejap.

Berakhirnya masa pendudukan Jepang, kian menambah tajam konsep kemerdekaan Indonesia. Dalam minggu-minggu pertama setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, terjadi banyak kekacauan di pedesaan.

Banyak kepala desa, polisi, dan pejabat daerah yang dicopot langsung oleh rakyat. Di beberapa daerah, bahkan kepala daerah dibunuh secara kejam. Dalam situasi yang serba kacau itulah, gerakan petani atau sengketa agraria yang merebak pasca kemerdekaan berlanjut di tahun 1960 dalam bentuk aksi-aksi sepihak.

Bagaimana jalannya peristiwa itu? Benarkah Partai Komunis Indonesia (PKI) dan Barisan Tani Indonesia (BTI) melakukan penjarahan tanah? Berikut ulasan ringkas Cerita Pagi.











2 komentar:

  1. I am very grateful for this enlightening article. I am new to this issue, but for me it elucidated several questions. Congratulations on your knowledge on the subject. Thank you very much.Wise Folder Hider Pro 4.1.8.154

    BalasHapus
  2. Thanks for the always useful information. This is great information to help garage type SEO people like me.Wise Folder Hider Pro 4.1.8.154

    BalasHapus