Sabtu, 30 Juni 2018

AS Akhiri Kehadiran Militer 70 Tahun di Seoul

Sabtu, 30 Juni 2018 13:58 WITA

Camp Humphreys

RAKYATKU.COM - Amerika Serikat secara resmi mengakhiri tujuh dekade kehadiran militer di ibukota Korea Selatan, pada hari Jumat (29/06/2018). Sebagai gantinya, mereka membuka markas baru yang lebih jauh dari jangkauan artileri Korea Utara, yaitu di ke Camp Humphreys, sekitar 70 kilometer selatan Seoul.

Sebagian besar pasukan telah dipindahkan ke lokasi baru itu, dan AS mengatakan yang tersisa akan pindah pada akhir tahun ini.

Terletak di kota pelabuhan Pyeongtaek barat dan dekat dengan lapangan udara AS, komando baru ini memliki luas 1.420 hektar, ini merupakan pangkalan militer AS terbesar di luar negeri. Pembuatan pangkalan ini menelan biaya $11 miliar. Dikatakan bahwa Korea Selatan membayar sekitar 90 persen dari biaya tersebut.
"Gedung markas besar ini, di dalam kompleks markas besar yang mengelilinginya, mewakili investasi signifikan dalam kehadiran jangka panjang pasukan AS di Korea," kata Jenderal Vincent Brooks, komandan Pasukan AS-Korea, selama upacara pembukaan.
"Pasukan AS Korea akan tetap menjadi bukti nyata komitmen Amerika terhadap aliansi."
Dalam sebuah pesan yang dibacakan pada upacara oleh seorang pembantu, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengatakan bahwa markas besar itu adalah landasan dari aliansi AS-Korea Selatan.
"Dalam membuka era baru markas pasukan AS di Pyeongtaek, saya berharap bahwa aliansi AS-Korea Selatan akan berkembang melampaui aliansi militer dan aliansi komprehensif dan menjadi aliansi yang hebat," kata Moon dalam pernyataan, seperti dikutip Bloomberg.
Meskipun relokasi ini dilakukan di tengah mendinginya hubungan dengan Korea Utara, namun itu sebenarnya sudah direncanakan jauh sebelumnya.

Relokasi itu adalah bagian dari rencana AS yang luas untuk menyetel kembali 28.500 tentaranya dan basis mereka di Korea Selatan menjadi dua pusat utama, satu di Pyeongtaek dan satu lagi di kota Daegu di tenggara. Para pejabat AS mengatakan mereka ingin keluar dari daerah padat penduduk dan meningkatkan efisiensi dan kesiapan militer. 
"Peperangan modern adalah tentang memusatkan dan mengerahkan kekuatan dengan cepat, dan Pyeongtaek dalam hal ini memiliki banyak keuntungan karena itu benar-benar dapat berfungsi sebagai saluran keluar, tidak seperti Yongsan, yang terjebak di tengah pusat populasi," kata Yun Jiwon, seorang petugas keamanan. profesor di Universitas Pyeongtaek.
Militer AS telah bermarkas di daerah Yongsan, Seoul sejak pasukan Amerika pertama kali tiba di sana pada akhir Perang Dunia II.

Daerah Yongsan telah diduduki oleh pasukan asing sejak akhir abad ke-19. Pasukan Tiongkok menggunakan situs ini sebagai markas mereka ketika mereka datang untuk membantu menekan pemberontakan pada tahun 1882. Tentara Kekaisaran Jepang mengambil alihnya selama penjajahan Jepang di semenanjung dari tahun 1910 hingga 1945.


Militer AS tiba untuk melucuti senjata Jepang setelah kekalahannya dalam Perang Dunia II. Sebagian besar pasukan AS ditarik pada tahun 1949 tapi mereka kembali tahun berikutnya untuk bertarung bersama Korea Selatan dalam Perang Korea melawan Utara. 
Pada tahun 1957, komando militer AS di Korea Selatan secara resmi diluncurkan di Yongsan.

Sumber: NewsRakyatku.Com 

0 komentar:

Posting Komentar