Selasa, 24 Maret 2020

Kebenaran di masa korona: Hari internasional tentang hak atas kebenaran, martabat korban


Jakarta / Sel, 24 Maret 2020 / 02:46 siang

Galuh Wandita*
Direktur di Asia Justice and Rights (AJAR)

Komisi Nasional untuk Kamar Pengaduan Hak Asasi Manusia. (JP / Dhoni Setiawan)

Dalam beberapa minggu terakhir, kami telah ditangkap oleh narasi tunggal kelangsungan hidup kami melawan COVID-19. Ini adalah waktu introspeksi, waktu untuk melihat fakta-fakta sulit dan mempelajari pelajaran dari masa lalu. 

Hari Internasional untuk Hak Kebenaran dan Martabat Korban jatuh pada tanggal 24 Maret — hari untuk mengingat kebenaran tentang pelanggaran HAM berat- - yang menjadi korban, apa akar masalahnya, bagaimana pelanggarannya menjadi begitu masif dan bagaimana Apakah kita sebagai masyarakat berurusan dengan mereka.

Ini juga merupakan kesempatan untuk merenungkan bagaimana pelajaran-pelajaran dari masa lalu dapat membantu kita dalam menghadapi tantangan utama yang kita hadapi saat ini. Anda tidak dapat memecahkan masalah atau mencoba untuk menyembuhkan tanpa berani menghadapi kebenaran objektif. Penyimpangan fakta hanya bisa membuat masalah menjadi lebih buruk dalam jangka panjang.

Pengalaman kami tentang pelanggaran massal di Asia telah menunjukkan hubungan antara kesehatan dan hak asasi manusia: bagaimana situasi pelanggaran massa menyoroti dampak sosial, ekonomi dan kesehatan yang mengerikan. Contohnya termasuk kelaparan besar di Cina (1948), Timor Leste (1978-1979), ratusan kematian akibat malaria di antara para tahanan politik yang dipenjara di Pulau Buru (1968-1978) dan kematian karena kelaparan dan penyakit di ladang-ladang pembunuhan di Kamboja (1975-1979). Mereka juga termasuk, ancaman penyakit yang berkelanjutan di antara para pengungsi dan pengungsi internal yang tinggal di kamp-kamp di Nduga di Papua, kepada 1 juta pengungsi Rohingya dari Rakhine di Cox's Bazaar, Bangladesh.

Amartya Sen, peraih Nobel untuk Ilmu Ekonomi (1998), telah menulis tentang bagaimana kurangnya demokrasi - ditunjukkan oleh pembuatan dan penegakan kebijakan yang buruk - dapat menjadi faktor pendukung kelaparan, seperti yang disebutkan di atas.

Pada 2010, Majelis Umum PBB memutuskan bahwa 24 Maret adalah hari untuk memperingati hak atas kebenaran dan martabat para korban pelanggaran HAM berat. Hari itu menandai pembunuhan tahun 1980 oleh Uskup Agung Oscar Romero dari San Salvador, seorang pembela kaum miskin yang berani berbicara menentang regu kematian yang terkait dengan junta militer pada waktu itu.

Hari ini juga merupakan hari yang penting bagi Indonesia, karena kita merenungkan masa lalu kita yang tidak terhitung. Lebih dari dua dekade dalam reformasi kita, kita masih tidak tahu berapa banyak orang yang tewas selama pembunuhan 1965-1966, dan berapa banyak lagi yang mati karena penyakit dan kelaparan di kamp-kamp dan penjara-penjara di seluruh Indonesia.

Tidak ada perhitungan resmi tentang bagaimana kita sebagai masyarakat membiarkan pembunuhan massal ini terjadi. Apa kebijakan dan penghilangan yang diizinkan untuk dibentuk, sehingga penahanan massal dan pembunuhan dapat terjadi tanpa hukuman?

Selama 34 tahun pemerintahan Soeharto, anak-anak sekolah diminta menonton film yang menggambarkan versi tertentu dari peristiwa-peristiwa itu. Saya ingat, sebagai siswa kelas enam, melakukan perjalanan sekolah ke berbagai museum dan situs untuk menyaksikan ketidakbenaran yang telah dilatih dengan baik ini. Sarjana tidak diizinkan untuk meneliti acara ini dan buku-buku dilarang. Sayangnya, ini bukan satu-satunya bab berdarah.

Dari sudut terjauh negeri ini, dari Papua hingga Aceh, kekerasan digunakan sebagai alat untuk menekan perbedaan pendapat, dan menutupi kejahatan, pencurian, dan pelanggaran massal. Sejarah kita dipenuhi dengan para pahlawan yang tak terucapkan, orang-orang yang membela hati nurani mereka dan secara brutal dibungkam.

Setelah jatuhnya Soeharto pada tahun 1998, beberapa korban mulai berbicara tentang apa yang terjadi pada mereka. Tetapi tanggapan resmi telah menjadi memekakkan telinga memekakkan telinga. Dengan pencabutan undang-undang komisi kebenaran, belum ada kebijakan resmi untuk menangani kebenaran sulit ini. Indonesia mengesahkan undang-undang untuk membentuk komisi kebenaran pada tahun 2004, tetapi hukum tersebut dibatalkan dua tahun kemudian - tanpa dilaksanakan.

Sementara itu, komisi kebenaran lokal di Aceh, yang didirikan berdasarkan Perjanjian Damai Helsinki, telah mengumpulkan lebih dari 3.000 pernyataan, dan melakukan audiensi publik untuk ratusan orang yang selamat. Di Papua, di bawah undang-undang otonomi khusus lainnya, janji komisi kebenaran telah bertahan lama dan sebagian besar ditinggalkan.

Pekan lalu, Jaksa Agung kembali ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia tentang dokumen pembunuhan Paniai 2014. Pepatah lama bahwa sejarah akan diulang berdering benar dalam situasi ini.

Presiden Joko “Jokowi” Widodo penuh dengan pandemi saat ini. Di masa-masa ketidakpastian ini, kita harus memberi perhatian khusus kepada yang paling rentan — di antara mereka ada ribuan lansia yang selamat dari pelanggaran HAM. Kita harus ingat bahwa selama masa-masa kelam itu negara mengabaikan tugas utamanya untuk melindungi mereka. Banyak korban hidup dalam kemiskinan ekstrem dan masih mengalami dampak stigmatisasi sosial.

Hukum internasional menetapkan bahwa negara memiliki kewajiban hukum untuk mencoba memperbaiki kerusakan yang terjadi pada para korban yang tidak bersalah; kita perlu mengingat dan memenuhi tugas itu. Tentu saja, kita perlu memikirkan cara-cara baru untuk mengumpulkan dan mengarsipkan cerita dari masa lalu kita, dengan menggunakan teknologi online baru yang dikombinasikan dengan pendekatan akar rumput yang telah teruji oleh waktu.

Kita perlu menjangkau mereka yang telah terpinggirkan. Ini juga diperlukan untuk penyembuhan sosial dan moral, untuk membangun masyarakat yang lebih adil, bermoral dan berbelas kasih.

Hari ini hidup dan pekerjaan kita dipenuhi dengan prioritas baru yang mendesak. Namun, penting bahwa pada hari internasional hak atas kebenaran, kita ingat bahwa kebenaran perlu diungkap, dibagikan, dibahas, dan digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan kebijakan yang baik. Ini selalu benar dan benar hari ini karena kami berjuang untuk melindungi yang paling rentan dalam konteks yang berubah dengan cepat.

Penyimpangan kebenaran pasti menyebabkan kegagalan untuk melindungi mereka yang membutuhkan. Waktu kita singkat. Ada pelajaran dari masa lalu kita yang memegang kunci untuk kelangsungan hidup kita bersama.

***
Direktur Asia Justice and Rights (AJAR). Ia juga seorang penasihat Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi Aceh.

Penafian: Pendapat yang dikemukakan dalam artikel ini adalah dari penulis dan tidak mencerminkan sikap resmi The Jakarta Post.

https://www.thejakartapost.com/academia/2020/03/24/truth-in-the-time-of-corona-international-day-on-right-to-truth-dignity-of-victims.html

1 komentar:


  1. AJOQQ agen jud! poker online terpecaya dan teraman di indonesia :)
    gampang menangnya dan banyak bonusnya :)
    ayo segera bergabung bersama kami hanya di AJOQQ :)
    WA;+855969190856

    BalasHapus