Kamis, 21 April 2016

Perjalanan Kembali Eks Tapol ke Pulau Buru


Adhi Wicaksono, CNN Indonesia | Kamis, 21/04/2016 11:52 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah dibebaskan 37 tahun silam dari Pulau Buru, bekas tahanan politik Tumiso kini kembali ke pulau di mana ia pernah diasingkan selama 10 tahun lamanya.

Tumiso di Pantai Sanleko, salah satu tempat pendaratan tapol Pulau Buru, khususnya tapol penghuni Unit IV/Savana Jaya. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Eks tapol Tumiso di Bandara Soekarno Hatta saat akan bertolak menuju Pulau Buru. Setelah 37 tahun bebas, ini adalah perjalanan pertama Tumiso ke Buru. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jika dulu Tumiso datang ke Buru sebagai pesakitan, kini ia kembali ke pulau buangan sebagai manusia bebas. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Pulau Buru tampak dari udara. Sudah banyak perubahan setelah 37 tahun Buru ditinggalkan tahanan politik yang dulu membuka pulau tersebut. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Tumiso mencari sisa-sia bangunan di kawasan Jiku Kecil, Namlea. Dulu di tempat tersebut berdiri bangunan tempat para tapol transit sebelum dikirim ke barak tahanan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Tumiso berada di Dermaga Lama, Namlea. Dermaga ini merupakan titik pendaratan pertama para tahanan politik di Pulau Buru.  (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Di Pulau Buru, Tumiso menemui temannya sesama bekas tapol yang memilih bertahan hidup di sana dengan menjadi transmigran. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Selain Gatot, ada pula Dasipin, eks tapol yang kini bertahan di Pulau Buru. Saat menjadi tapol, Dasipin mendapat tugas sebagai pengemudi perahu. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Dua sahabat kembali bersua setelah puluhan tahun lamanya. Tumiso menemui Rusman di Pulau buru, sahabat karibnya sesama penghuni barak tahanan di Unit III. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Kalau yang satu ini bernama Yadiono, eks tapol yang memilih menjadi guru honorer di Pulau Buru. Yadiono adalah guru seni musik anak-anak Buru. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Bukan cuma yang hidup, Tumiso juga menyempatkan diri mengunjungi makam sahabat yang sudah wafat. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

0 komentar:

Posting Komentar