24 Januari 2010
Ditulis oleh Vannessa Hearman*
Komunis yang diburu
Monumen Trisula di Bakung di Blitar Selatan, Jawa Timur, berdiri tinggi di atas tempat parkir pengunjung, benar-benar kosong kecuali kendaraan kecil kita. Dengan pemandangan menyapu bukit-bukit dan kebun kelapa di sekitar desa, pengunjung tergoda untuk berlama-lama dan menikmati udara segar, mungkin tidak menyadari bahwa gerakan mereka dapat diamati dari sebuah kantor polisi kecil di bawah kaki bukit.
Monumen tersebut, yang dibangun sebagai upaya bersama antara militer dan masyarakat setempat untuk memperingati apa yang dikatakan sebagai operasi kontra pemberontakan melawan sisa-sisa PKI (Partai Komunis Indonesia), juga merupakan simbol pemantauan dan pengawasan kawasan yang menjadi sasaran setelah Orang-orang lokal dituduh menyimpan komunis di tahun 1960an.
Menjalankan hidup mereka
Pada bulan Maret 1966, banyak pemimpin PKI terbunuh atau telah hilang, diduga meninggal. Pada akhir tahun itu, mereka yang dalam pelarian hanya memiliki beberapa tempat untuk disembunyikan atau orang-orang untuk berpaling untuk mendapat dukungan. Rumah yang aman menjadi langka dan represif menyebar. Terlepas dari kesulitan yang mereka hadapi, sisa-sisa kepemimpinan PKI mencoba untuk mengatur kembali dan sebuah Komite Sentral 'darurat' dengan tergesa-gesa ditunjuk untuk menyelamatkan apa yang tersisa dari partai tersebut. Anggota yang bertahan hidup pindah untuk mendirikan basis di beberapa bagian Jawa yang berbeda dalam upaya untuk berkumpul kembali, didorong oleh tekanan yang diberikan operasi militer kepada mereka. Salah satu tempat retret tersebut adalah Blitar Selatan.
Menurut Rewang, anggota Komite Sentral PKI dari Jawa Tengah, puluhan anggota PKI mencari perlindungan di kantong Jawa Timur yang terisolasi ini. Motivasi utama mereka adalah menemukan tempat yang aman. Misalnya, Tuti, pemimpin Gerwani tingkat provinsi, pernah menjadi kurir, menyampaikan pesan dan menyembunyikan pemimpin partai penting. Sebelum datang ke Blitar Selatan, dia telah bersembunyi di Surabaya, di mana dia telah memindahkan rumah secara teratur dan mendapatkan sedikit keberadaan, bergantung pada sumbangan uang dan makanan yang kemudian dikumpulkan bersama enam wanita lainnya. Lestari pergi ke Blitar Selatan untuk dipertemukan kembali dengan suaminya Suwandi, sekretaris PKI Jawa Timur.Wartawan Lies Katno datang mencari suaminya, pemimpin Pemuda Rakyat Sukatno.Winata, seorang insinyur yang dilatih di Bulgaria, telah dibebaskan dari Penjara Salemba di Jakarta pada akhir tahun 1966 namun merasa bahwa desanya kurang aman daripada ibu kota. Takut ditahan dan terbunuh, ia pergi ke Blitar Selatan untuk bersembunyi. Di sana, para pelarian ini merasakan kebebasan relatif dan tinggal dengan keluarga lokal, bekerja di ladang, memelihara ternak dan membantu pekerjaan rumah tangga.
Masih ada kontroversi tentang agenda PKI di Blitar Selatan. Beberapa telah menggambarkan sisa-sisa partai karena berencana untuk beralih ke perang revolusioner berbasis petani sesuai dengan model Maois, sementara yang lain berpendapat bahwa anggota partai hanya mencari perlindungan dari penganiayaan oleh tentara Indonesia dan sekutu-sekutunya. Meskipun benar bahwa para pemimpin yang tersisa tidak lagi percaya bahwa adalah mungkin bagi PKI untuk mengambil alih kekuasaan secara damai, Rewang, yang saat itu anggota Politbiro PKI, berpendapat bahwa kemungkinan perlawanan bersenjata yang terorganisir dapat diabaikan setelah tahun 1966.
Kegiatan partai di Blitar Selatan, bagaimanapun, segera sampai pada perhatian kekuatan anti-komunis, dan persepsi tumbuh bahwa 'sisa-sisa PKI' mencoba untuk membangun kembali. Pada tahun 1967, desa-desa di Selatan Blitar terbagi menjadi milisi organisasi pemuda Islam, Ansor, yang berafiliasi dengan Nahdlatul Ulama yang konservatif, melakukan lebih banyak penggerebekan. Selama periode ini, Rewang ingat, upaya untuk mengumpulkan kembali partai tersebut terbatas pada temuan dan pertemuan dengan mantan aktivis partai, dan tugas mengumpulkan senjata dan amunisi dan melatih pasukan gerilya secara perlahan. Pada saat Operasi Trisula pada pertengahan tahun 1968, mereka hanya berhasil mengatur satu detasemen pemuda untuk dilatih. Pastinya ini tidak cocok untuk ribuan tentara yang ditempatkan di Trisula, operasi pemberantasan tindak pidana yang dilakukan antara bulan Juni dan Agustus 1968.
Intimidasi dan pembunuhan
Menurut angka tentara yang dipasok ke New York Times, 5000 personil tentara dari enam batalyon, yang didukung oleh unit armor Komando Strategis dan pasukan komando, terlibat dalam Operasi Trisula yang dibantu oleh 3000 orang yang dipersenjatai dengan tombak bambu.
Ketika militer tiba, tentara mengesampingkan penjaga pertahanan sipil yang dituduh menyampaikan informasi tentang gerakan militer kepada anggota PKI dan memasang personil militer sebagai pengganti pemimpin desa yang dicurigai memiliki simpati dengan PKI. Para tentara kemudian mengisolasi pelarian PKI dari penduduk desa dengan merancang warga setempat menjadi patroli bersama, memberlakukan jam malam dan, dengan kata-kata militer, 'mendorong kebencian terhadap komunis'.Karena penduduk setempat lebih memahami medan ini daripada militer, mereka terpaksa ikut serta dalam apa yang disebut patroli 'pagar-kaki' untuk mengusir buronan di hutan. Dalam strategi ini, orang-orang lokal membentuk rantai manusia di bawah pengawasan militer, bergerak melintasi bentang alam sehingga para buronan tidak memiliki kesempatan untuk menyelinap melewati personil militer sebelumnya. Tentara juga membuat orang-orang lokal menggali kuburan massal dan kemudian menutupinya setelah seorang tahanan yang diangkut telah ditembak.
Militer memaksa penduduk desa yang dicurigai memiliki simpati kiri untuk membuktikan diri mereka dengan ikut serta dalam pembunuhan tersebut. Para tersangka ini terpaksa memukul tawanan di bagian belakang kepala dengan jeruji besi dan menceburkannya ke dalam gua-gua vertikal yang dalam seperti Luweng Tikus (Rat Hole). Misalnya, Oloan Hutapea, mantan anggota Politbiro PKI, terbunuh saat seorang penduduk desa bernama Slamet menghancurkan tengkoraknya dengan sebuah batu selama patroli militer pada tanggal 21 Juli 1968. Slamet dipuji publik pada sebuah upacara di Lodoyo, pusat operasi tersebut. Fotonya masih dipajang hari ini di Museum Brawijaya di Malang.
Seluruh desa kemudian dievakuasi sehingga masyarakat setempat tidak lagi mampu mendukung mereka yang melarikan diri atau bersembunyi. Pada tanggal 23 Juni 1968, Unit Infanteri 511 menempatkan ribuan penduduk setempat di kamp-kamp pengungsian di desa Sukorejo dan Maron. Seorang wanita dari desa Ngrejo menceritakan bahwa pada bulan Agustus 1968 rekaman penyiksaan dimainkan dan diperkuat untuk mengintimidasi ribuan penduduk desa yang dievakuasi berkumpul di sentra kecamatan Bakung. Para pengungsi diberi tahu untuk membawa bekal makanan mereka sendiri, namun banyak yang tidak dapat melakukannya dan menggali dan memakan ladang ubi jalar di dekatnya. Wanita dari Ngrejo ingat bahwa beberapa kembali ke desa mereka untuk mendapatkan persediaan hanya untuk ditembak oleh pasukan militer yang menduduki.
Menjelang akhir 1966, pemimpin PKI dalam pelarian hanya memiliki beberapa tempat untuk disembunyikan atau orang-orang untuk berpaling untuk mendapatkan dukungan
Setelah pembunuhan ini, para pelarian mencoba melarikan diri ke barat menuju kecamatan Tulungagung, melalui hutan-hutan di pantai selatan. Memutuskan untuk melarikan diri ke hutan, Lestari meninggalkan bayi berumur satu bulan dengan penduduk desa setempat yang anaknya sendiri baru saja meninggal dunia. Saat patroli semakin dekat, penduduk desa menjadi sangat takut sehingga dia meninggalkan bayinya di pintu masuk pemakaman setempat dan berharap ada orang lain yang menjaganya. Banyak buronan bersembunyi di hutan jati di dekat desa. Untuk mengintensifkan tekanan, intelijen militer mengarahkan orang untuk menarik tanaman yang dapat dimakan di dalam dan sekitar hutan sehingga para buronan akan kelaparan. Artikel New York Times yang diterbitkan pada 11 Agustus 1968 mengutip sebuah angka, kemungkinan besar dipasok oleh tentara, dari 2000 anggota partai 'yang dibunuh atau ditangkap selama empat bulan sebelumnya.
Fase 'rehabilitasi' yang mengikuti operasi mengubah Blitar Selatan dalam banyak hal.Pimpinan desa sementara militer tetap tinggal. Untuk memungkinkan patroli dan pengawasan yang lebih besar di wilayah tersebut, pemerintah daerah Jawa Timur membangun jalan baru untuk membuka wilayah tersebut, yang penduduk desa terpaksa gunakan saat pemerintah melarang penggunaan jalan dan jalan raya setempat. Desa-desa didesain ulang, dengan rumah-rumah dan penghuninya mendekat ke jalan-jalan utama. Tanah yang dekat dengan jalan utama disita untuk menampung beberapa keluarga, menyebabkan kekacauan dalam kepemilikan lahan.Bagian dari pemikiran pemerintah adalah bahwa beberapa perbaikan terhadap kehidupan masyarakat sangat dibutuhkan untuk menghindari mereka menjadi mangsa ideologi komunis. Untuk tujuan ini, sekolah, masjid dan rumah doa lainnya dibangun untuk pendidikan dan 'bimbingan spiritual'. Sementara ini, bagaimanapun, adalah pengawasan yang lebih besar atas gerakan mereka, dan sanksi jangka panjang untuk melindungi komunis.
Bergerak
Generasi penduduk desa, terutama di daerah terpencil di Blitar Selatan, telah menderita akibat hubungan mereka dengan komunis setelah Operasi Trisula. Namun pada saat yang sama, mereka telah menarik kekuatan dari rasa keluhan bersama mereka, dari perasaan bahwa apa yang mereka alami bukan milik mereka sendiri, tapi juga memiliki kesamaan dengan orang lain yang tinggal di daerah itu. Misalnya, seorang wanita yang diperbudak secara seksual oleh kepala desa setempat mengatakan bahwa dia bukan pemalu, karena 'apa yang terjadi pada saya adalah pengalaman umum' di Blitar Selatan.
Sementara, meskipun jumlah pengunjung ke Monumen Trisula telah menurun, ia melanjutkan keduanya untuk memperingati versi sejarah rezim Suharto dan untuk mengingatkan penduduk desa dengan cara brutal di mana mereka diperlakukan. Dan sampai hari ini, tuduhan pemberontakan bersenjata melawan PKI Blitar tetap berlaku.Tapi sekarang setidaknya penduduk desa dan mantan tahanan politik dapat menceritakan sisi cerita mereka, dan kepada audiens yang sedikit lebih menerima dari sebelumnya. Mantan tahanan politik, pemimpin Gerwani, Putmainah, telah berbicara dengan media dan organisasi non-pemerintah tentang pengalaman dan penangkapannya di Blitar Selatan, sementara Andre Liem Institute Sosial Indonesia melakukan wawancara di wilayah tersebut untuk sebuah proyek sejarah lisan. Pada tahun 2005, pemuda setempat di organisasi terkait Nahdlatul Ulama, Lakpesdam, mengumpulkan kesaksian tentang dampak Trisula dan mereka telah mencoba untuk mengumpulkan pertemuan informal penduduk desa dan pemimpin NU, karena NU masih dipandang sebagai pendukung operasi militer. Usaha-usaha ini merupakan langkah kecil namun penting dalam menghadapi masa lalu rezim Suharto.
*Vannessa Hearman (vhearman@unimelb.edu.au) adalah kandidat PhD di University of Melbourne. Penelitiannya berfokus pada politik ingatan dan sejarah di Jawa Timur (1965-68).
Translate Google Translate
0 komentar:
Posting Komentar