Oleh Duncan Graham - 07 Mei 2019
Kisah Mars Noersmono adalah kisah orang pertama tentang
rasa malu suatu bangsa.
Dalam foto 4 September 2016
ini, Sabar, mantan tahanan politik yang dipenjara selama delapan tahun tanpa
diadili karena menjadi anggota Front Petani, salah satu organisasi massa Partai
Komunis Indonesia, berjalan di hutan jati tempat kuburan massal berlokasi, di
Darupono, Jawa Tengah, Indonesia.
Kredit Gambar: AP Photo /
Dita Alangkara
Mars Noersmono memiliki kisah yang ingin dia ceritakan. Ini
sangat mengganggu - kisah horor dan keberanian, keputusasaan, dan ketahanan.
Meskipun terutama tentang masa lalu berdarah dan brutal
Indonesia, itu juga peringatan serius terhadap pemerintah otoriter di mana-mana
yang mengabaikan aturan hukum dan menciptakan kepanikan sipil terhadap monster
mitos untuk membenarkan kekerasan dan mempertahankan kekuasaan.
Ilegalitas dan penderitaan manusia cukup kuat, tetapi ini
juga merupakan akun orang pertama dari rasa malu suatu bangsa.
Pada bulan September 1965, sebuah kudeta diduga dilakukan
di Jakarta. Enam jenderal dan seorang letnan terbunuh, tetapi tidak ada
pemberontakan yang menyusul. Jenderal Suharto mengambil kendali militer
dan menyalahkan kudeta Partai Komunis Indonesia, Partai Komunis Indonesia (PKI). Tiga
tiga tahun kemudian Suharto akan menggantikan Presiden Sukarno dan menjadi
presiden sendiri. Pemerintahan Orde Baru (Orde Baru) yang otoriter akan
berlangsung selama 32 tahun.
Tidak lama setelah dugaan percobaan kudeta, pada Oktober
1965, PKI dilarang dan pembantaian dimulai - bukan untuk menyerang orang asing
atau revolusioner bersenjata - tetapi warga negara biasa yang tidak bersenjata
yang telah damai ("meskipun tidak tanpa kritik," kata Noersmono)
mendukung upaya anti Sukarno retorika kolonial. Diperkirakan setengah juta
orang meninggal, tubuh mereka dibuang ke sungai dan kuburan massal.
Perubahan rezim disambut baik oleh pemerintah Barat. Sementara
mengetahui pembunuhan itu, mereka gagal memprotes. Dokumen resmi yang
baru-baru ini dirilis di Amerika Serikat dan Australia menunjukkan para
diplomat melaporkan peristiwa itu kembali ke pangkalan mereka di Washington,
London dan Canberra.
Pada 1965, Perang Dingin mencapai puncaknya. Pasukan
AS dan lainnya, termasuk orang Australia, bertempur dalam perang yang kalah di
Vietnam untuk menghentikan penyebaran komunisme ke selatan; gerakan
tiba-tiba dan dramatis ke kanan dalam politik Indonesia dipandang sebagai akhir
dari Red Tide.
Pada pertengahan 1966, Perdana Menteri Australia Harold
Holt dilaporkan mengatakan kepada Asosiasi Australia-Amerika di New York bahwa
"dengan 500.000 hingga satu juta simpatisan Komunis dirobohkan, saya pikir
aman untuk mengasumsikan reorientasi telah terjadi."
Badan Intelijen Pusat AS kurang berperasaan. Pada
tahun 1968, sebuah laporan rahasia mengklaim bahwa pembunuhan itu
"sebagai salah satu peringkat pembunuhan massal terburuk abad ke-20,
bersama dengan pembersihan Soviet tahun 1930-an, pembunuhan massal Nazi selama
Perang Dunia Kedua, dan pertumpahan darah Maois awal 1950-an."
Ribuan orang lainnya ditangkap dan dipenjara. Mereka
tidak pernah didakwa atau diberi kesempatan untuk memohon di pengadilan. Mereka
juga tidak diberi tahu kejahatan apa yang mereka duga dilakukan.
Yang paling cerdas, yang dianggap oleh Soeharto sebagai
yang paling mengancam, bukanlah laki-laki yang kejam, melainkan akademisi,
guru, penulis, dan seniman - orang-orang penting untuk membangun masyarakat
baru. Orang-orang ini diasingkan ke Pulau Buru yang terpencil, 2.700
kilometer timur laut Jakarta. Di antara 12.000 tapol itu adalah Noersmono.
Noersmono sekarang telah menambahkan suaranya ke seruan
keadilan dengan Bertahan Hidup di Pulau Buru, yang mulai ditulisnya ketika
Soeharto jatuh akhir abad lalu dan Indonesia menjadi demokratis.
Menulis adalah
bagian yang mudah.
Noersmono menghabiskan 15 tahun mencari penerbit yang
siap menghadapi kemarahan pemerintah dan banyak kekuatan kuat bertekad untuk
menghentikan pengungkapan keterlibatan mereka, atau peran kerabat mereka dalam
pembantaian. Ini termasuk tentara, polisi dan organisasi keagamaan.
Hanya penerbit Bandung, Ultimus yang siap
mengambil risiko, tetapi beberapa salinan mendarat di rak-rak toko buku utama.
“Saya menulis buku itu karena saya ingin generasi muda memahami kebenaran, dan memberi hormat kepada mereka yang tidak selamat,” kata Noersmono “Kami meminta pengakuan sebelum kita semua mati - apakah itu terlalu berlebihan?
“Menulis juga telah mengangkat beban yang telah saya pikul begitu lama, dan itu melegakan. Mimpi saya sekarang tidak terlalu buruk. "
Untuk sesaat, pria berusia 79 tahun yang lemah itu putus:
“Ini baru kedua kalinya saya menangis - yang pertama di Yogyakarta (Jawa
Tengah) ketika saya menceritakan kisah saya kepada siswa.
“Butuh waktu lama bagi saya untuk sampai ke titik ini karena saya takut salah. Kebrutalan Buru menghancurkan kepercayaan kami. Kami takut sesuatu yang buruk akan terjadi jika kami berbicara. Kami benar-benar tidak berdaya.”
Rekening Noersmono bukanlah saluran kasihan dalam
percetakan yang murah, tetapi sejarah 358 halaman yang ditulis dengan baik dan
terperinci tentang tahun-tahun keji dan penyiksaan, bagaimana para lelaki itu
hidup, bekerja dan menemukan cara untuk beradaptasi.
Buku itu memuat gambar-gambar tahanan yang dibuat oleh
penulis, yang di antara banyak bakatnya juga merupakan juru gambar yang bagus. Hanya
beberapa foto buram dan kasar yang bertahan; sebagian besar bangunan
penjara di pulau itu telah dirobohkan, sehingga sketsa Noersmono sangat
berharga.
Sekarang kembali ke Buru setelah menghabiskan beberapa
tahun terakhir dengan kerabat di kota Jawa Timur, Malang, ia telah mulai
membuat sketsa lagi dengan harapan bahwa foto-fotonya dapat dipamerkan untuk
menjaga kisah itu tetap hidup.
Perjalanan Noersmono ke penjara dimulai ketika ia berusia
25 tahun, sarjana teknik di tahun terakhirnya di Institut Teknologi Bandung
yang bergengsi Sebelum pergi ke ibukota Jawa Barat, ia pernah belajar
seni di Jakarta dan mengambil kursus arsitektur.
Ayahnya telah menempuh pendidikan di sekolah Katolik
Belanda dan menjadi kepala Dinas Pos dan Telekomunikasi negara itu. Meskipun
sangat nasionalis, keluarga itu sering berbicara bahasa Belanda di rumah besar
mereka di Jakarta. Mereka juga memiliki batu bata.
Noersmono adalah yang termuda dari empat dan diharapkan
untuk mengelola perusahaan setelah lulus.
"Itu keluarga yang bahagia," kata Noersmono. “Kami selalu berbicara tentang politik. Selama kampanye melawan Belanda setelah Proklamasi Kemerdekaan 1945 Sukarno ayah saya mengirim pesan kode rahasia kepada para pejuang revolusi di Surabaya.”
Seperti siswa di seluruh dunia, Noersmono terlibat dalam
kelompok diskusi Yang paling populer adalah Konsentrasi Gerakan Mahasiswa
Indonesia (CGMI Indonesian Student Organization). Itu mengadakan
kongres di Jakarta pada akhir September 1965, yang dihadiri Noersmono tepat
sebelum upaya kudeta terjadi.
"Itu adalah waktu yang menakutkan dan kacau," katanya. "Kami tidak tahu apa yang terjadi."
Kakak tertua Noersmono, Zochar, yang bekerja sebagai
penerjemah teks-teks berbahasa Mandarin dan merupakan pemimpin dalam CGMI,
memiliki informasi atau firasat. Dia melarikan diri ke Kedutaan Besar
Belanda bersama istri mudanya dan diterbangkan ke luar negeri, pertama ke Cina
dan kemudian Belanda di mana dia menjadi seorang apoteker.
Pada 17 Oktober, dua anggota milisi lokal datang ke rumah
keluarga.
"Kami kenal mereka, mereka tetangga," kata Noersmono. “Mereka cukup sopan dan meminta kami untuk mengikuti mereka ke kantor, tetapi kami mendengar tentang penembakan sehingga menjadi gugup.
“Beberapa hari kemudian, orang tua saya dan saya ditangkap. CGMI dilarang. Ayah saya menghabiskan 18 tahun di penjara, ibu saya tiga tahun. Adik dan kakak saya melarikan diri ke Jakarta dan tidak tertangkap.”
Setelah mantra di penjara Jakarta, pada tahun 1970
Noersmono dan 500 lainnya dikirim ke Buru. Perjalanan memakan waktu lima
hari dan mereka tidak pernah diberitahu ke mana tujuan mereka; saat itu
mereka sudah mendengar tentang pembunuhan massal, jadi mereka sangat ketakutan.
Garis pemerintah selalu bahwa pembunuhan adalah reaksi
spontan oleh petani saleh yang marah yang membenci kaum Marxis yang tak
bertuhan dan tidak bisa dihentikan.
Kisah ini sekarang telah terkubur dengan baik oleh para
akademisi luar negeri seperti Dr. Jess Melvin dari Australia - yang menyatakan
dengan pasti bahwa pembantaian itu diatur dengan cermat oleh tentara.
Kepastiannya didasarkan pada dokumen asli yang dia
berikan di Aceh oleh militer.
Sudah lama diduga bahwa surat-surat itu ada, tetapi
mahasiswa doktoral muda itu mengalahkan semua akademisi senior hanya dengan
menanyakan di kantor militer untuk mereka. Bukunya tentang temuan, The
Army dan the Genocide Indonesia, yang diterbitkan tahun lalu, telah
mengguncang sejarawan di Indonesia dan luar negeri.
Genosida itu direkayasa melalui sebuah unit polisi
rahasia dengan gelar Orwellian Kopkamtib ( Komando Operasi Pemulihan Keamanan dan Ketertiban - Komando Operasional untuk
Pemulihan Keamanan dan Ketertiban).
Orang-orang yang mengayunkan parang dan menembakkan
senapan yang disediakan oleh Kopkamtib tidak semuanya Muslim - orang
Kristen juga terlibat, khususnya di Flores dan pulau-pulau di timur.
Pembunuhan sering digambarkan sebagai
"eksekusi," yang terdengar cepat, legal bahkan. Tetapi banyak
tahanan disiksa dengan kejam, para wanita dimutilasi dan diperkosa. Bagaimana
hal-hal seperti itu bisa terjadi dalam budaya penghormatan dan nilai-nilai
konservatif?
Beberapa peserta melihat ke belakang dengan rasa bersalah
dan penyesalan; yang lain membenarkan tindakan mereka dengan mengatakan
bahwa zamannya begitu bergejolak dan masalahnya hitam-putih - untuk kita atau
melawan kita. Unit propaganda Suharto telah menciptakan lingkungan yang
padat dengan kebencian. Itu mencetuskan istilah Gestapu yang tidak
menyenangkan untuk kudeta dan secara keliru menyatakan bahwa
jenderal-jenderal itu telah dimutilasi.
Suatu ketika di Buru, orang-orang itu, yang telah dicabut
hak-hak sipilnya, menderita penghinaan lebih lanjut. Baju Noersmono distensil
nomor 493.
Dengan beberapa alat dasar mereka diperintahkan oleh
penjaga bersenjata untuk membersihkan hutan dan membangun barak.
"Selama dua bulan pertama kami tidak punya tempat tinggal kecuali udara terbuka," katanya. "Kami hidup dengan bubur beras dan protein apa pun yang bisa kami tangkap atau kumpulkan."
Para tahanan diberi label tapol, singkatan
dari tahanan politik - tahanan politik dan ditahan hingga 13 tahun.
Tapol tidak pernah diberi kompensasi atas hukuman
penjara yang salah. Nasib mereka masih harus diakui secara resmi. Hadir
Presiden Joko "Jokowi" Widodo, yang awalnya berjanji untuk membuka
diskusi, mengunjungi Buru pada tahun 2015 tetapi menggunakan kesempatan untuk
mendesak petani untuk meningkatkan hasil padi. Dia mengatakan tidak akan
ada penyelidikan.
Putra Noersmono, Dwinura, setuju - meskipun dengan
kepahitan.
"Ini bukan Afrika Selatan," katanya. “Tidak ada Nelson Mandela yang menggerakkan penayangan sejarah.
“Saya bangga dengan ayah kami dan kami ingin nama baiknya dikembalikan Dia tidak melukai siapa pun atau mencuri apa pun - jadi apa yang dia lakukan untuk berakhir di penjara? Saya ingin pengakuan atas kesalahan yang dilakukan pada banyak orang yang tidak melakukan kejahatan. Tentara mencuri tanah Ayah di Jakarta; tidak ada kompensasi.
Tidak akan ada rekonsiliasi, tidak ada permintaan maaf nasional seperti di negara-negara lain seperti Australia. Ini Indonesia.”
Dwinura dan kedua saudara lelakinya lahir di Buru pada
1980-an setelah ayahnya menikahi putri tapol lain dan tinggal di
pulau itu setelah dibebaskan. Sekitar 200 lainnya juga tersisa.
“Tidak ada yang tersisa bagi kami di Jawa,” kata Noersmono. “Kartu ID kami termasuk kode ET yang mengidentifikasi kami sebagai ex tapol. Ini memastikan kami dijauhi oleh majikan, teman, dan tetangga - dan kadang-kadang oleh kerabat yang takut bersalah oleh asosiasi.”
Tapol hanya sebagian bebas; mereka diawasi,
harus melapor secara teratur ke polisi dan ditolak hak properti dan bekerja di
layanan publik.
Setelah kamp ditutup, pemerintah Orde Baru memulai
program transmigrasi memindahkan keluarga petani miskin dari Jawa yang terlalu
padat ke Buru di mana mereka diberikan tanah untuk bercocok tanam.
Para pendatang baru mengambil alih pembukaan hutan yang
dibuka oleh tapol, mengakses rumah-rumah mereka di jalan-jalan yang
masuk ke pedalaman oleh para mantan tahanan yang tidak menerima apa-apa.
Noersmono menjadi kontraktor dengan menggunakan
keterampilan yang ia pelajari di universitas dan membangun rumahnya sendiri. Dia
juga merancang dan mengawasi pembangunan sebuah Gereja Presbiterian Rehoboth
yang dinamai seperti kapel perintis yang didirikan di negara bagian Virginia
Barat, AS pada tahun 1786. Gereja Buru dibom dengan api oleh gerombolan Muslim
selama kerusuhan etnis dan agama tahun 1999 setelah kerusuhan etnik dan agama
di seluruh negeri menyusul jatuhnya Suharto tahun sebelumnya. Dana
digalang, dan renovasi sedang berlangsung.
Kamp penjara ditutup pada 1980 setelah tekanan dari
pemerintah luar negeri. Perubahan juga dipercepat setelah penerbitan The
Buru Quartet.
Novel-novel itu, yang dilarang hingga saat ini di
Indonesia, ditulis oleh mendiang Pramoedya Ananta Toer yang ditahan selama 13
tahun di pulau itu. Pramoedya meninggal pada tahun 2006 dan merupakan
satu-satunya penulis Indonesia yang pernah dinominasikan untuk Hadiah Nobel. Dia
dikirim ke Buru karena memiliki "pemikiran Marxis-Leninis."
Meskipun dilarang untuk menulis dan menyangkal pena dan
kertas "Pram" masih berhasil menghasilkan set fiksi di Hindia Belanda
pada awal abad ke-20. Buku-buku itu bercerita tentang seorang pemuda
bernama Minke dan kesadarannya yang semakin besar akan kolonisasi; tidak
ada "Indonesia" yang disebutkan.
Dia menyusun dan menghafal karya-karyanya dan membuatnya
segar dengan membaca dengan suara keras kepada sesama tapol di malam
hari. Ketika ia akhirnya mendapat akses ke teman-teman kertas membantu
menyelundupkan manuskrip ke Jawa di mana mereka dicetak dalam lokakarya
klandestin.
Kuartet Buru juga diam-diam diterjemahkan ke dalam
bahasa Inggris oleh diplomat Australia Max Lane dan menjadi terkenal secara
internasional. Pram terus menulis sekali di Jawa; buku-bukunya
selanjutnya mengungkap perang kotor Indonesia melawan para pembangkang.
Buru harus menjadi surga jurnalis. Pulau terpencil,
13 kali lebih besar dari Singapura tetapi dengan kurang dari 200.000 penduduk,
penuh dengan kisah-kisah tragedi dan inspirasi, penuh dengan politik. Para
penjaga cerita tertarik untuk berbicara, mengambil foto mereka dan memberikan
nama asli mereka.
"Aku akan memberitahumu apa yang terjadi," kata Diro Oetomo. "Aku ingin dunia tahu."
Dia juga tetap di Buru, menikah dan membuka toko. Pria
itu akan menjadi anak perusahaan tembakau, perokok berat sepanjang hidupnya,
tetapi masih sehat di usia 83 tahun.
“Kami membuat rokok dari daun pepaya dan menyalakannya dengan menggosokkan tongkat kering bersama untuk membuat api. Saya berbisik karena dinding punya telinga. Setelah Anda pergi seseorang akan datang dan bertanya apa yang saya katakan.“Apakah kita pernah berharap untuk dibebaskan? Tak pernah. Yang kami pikirkan hanyalah kapan dan bagaimana kami akan mati.”
Ratusan orang mati kelaparan atau bunuh diri, biasanya
dengan cara digantung atau minum pestisida. Setelah seorang penjaga yang
sangat brutal, Pelda Panita Uma dibunuh pada tahun 1972 oleh sebuah tapol ,
42 terbunuh sebagai pembalasan, kata Noersmono. Ada peringatan untuk Umar,
tetapi tidak ada pengakuan terhadap tapol.
Di pemakaman Desa Savana ada 150 kuburan. Beberapa
memiliki batu nisan tetapi sebagian besar adalah gundukan tanpa tanda. Lebih
dari 300 nama orang mati dikumpulkan oleh Pramoedya dan dipublikasikan secara
pribadi, tetapi lebih banyak lagi yang tidak diketahui.
Meskipun hampir dua dekade demokrasi dan ditinggalkannya
aturan yang menindas yang mengatur hak ET, intimidasi tetap ada. Ini tidak
lagi "jari runcing sekuat pistol" seperti kata Oetomo, tetapi masih
menyeramkan dan itu dimulai di bandara Namlea di pulau itu.
Ini dilayani oleh penerbangan harian 30 menit dari
ibukota regional Ambon ke timur dan ibukota Provinsi Maluku. Pulau-pulau
ini, yang sejak lama dijarah Belanda untuk cengkeh, duduk tepat di bawah garis
khatulistiwa. Mereka memiliki sejarah panjang dan berdarah sejak
berabad-abad yang lalu, tetapi hari ini adalah bagian damai Republik.
Namun terminal Namlea memiliki lebih dari staf maskapai; penuh
dengan polisi, tentara, dan petugas pakaian biasa Intel (intelijen). Mereka
mengabaikan orang Asia tetapi fokus pada kedatangan orang kulit putih,
mempertanyakan motif, mengumpulkan dokumen, melaporkan kembali ke atasan mereka
dan membuat tuan rumah pengunjung lokal kesal di rumah pribadi mereka.
Dalam lingkungan yang menakutkan ini, dibutuhkan
keberanian untuk dilihat bersama wartawan. ET tidak lagi peduli tetapi
keluarga mereka. Tidak ada orangtua yang ingin anak-anak mereka diejek di
sekolah karena memiliki sepatu bot hitam besar di teras. Bogeyman Merah
masih mengintai tanah. Selama kampanye pemilihan Presiden tahun ini,
saingan Jokowi menyarankan tanpa bukti bahwa almarhum ayahnya, Widjiatno
Notomiharjo, telah menjadi anggota PKI.
Di Indonesia kelompok diskusi tentang Buru dan pembunuhan
telah ditutup oleh polisi. Film-film sutradara Inggris kelahiran AS Joshua
Oppenheimer tentang pembunuhan, The Act of Killing dan The Look
of Silence telah diperlihatkan secara terbuka di luar negeri dan memenangkan
penghargaan. Di Indonesia mereka hanya disaring secara rahasia.
Sementara pihak berwenang Indonesia mencoba untuk menjaga
kotak Pandora terkunci dengan baik, dengan alasan bahwa pembebasan akan
mengobarkan ketegangan masyarakat, cerita tersebut telah lolos, sebagian besar
dibantu oleh para aktivis. Mereka membawa Indonesia ke Pengadilan Rakyat
Internasional di Den Haag, yang mendapati Indonesia "bertanggung jawab
atas, dan bersalah atas, kejahatan terhadap kemanusiaan."
Putusan dijatuhkan oleh pemerintah. Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dilaporkan merespons: “Mengapa mendengarkan orang asing? Orang asing harus mendengarkan Indonesia. "
Secara lokal, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia
(Komisi Nasional Hak Asasi Manusia ) Komnas HAM, dengan gigih bertahan
dalam menerbitkan laporan dan mengingatkan politisi bahwa noda pada bangsa
tetap ada, tetapi sebagian besar beasiswa yang dalam berasal dari luar negeri.
Tahun lalu, Geoffrey Robinson dari Kanada menerbitkan
akun kuat tentang waktu berjudul The Killing Season. The Financial Times memeringkatnya
sebagai "salah satu buku sejarah terbaik di tahun 2018."
Robinson menggambarkan Buru sebagai "kamp
konsentrasi" dan "koloni hukuman"; New York Times sebelumnya
menyebutnya "Gulag Suharto" Syarat-syarat pemerintah adalah
"proyek pemukiman kembali" untuk "rehabilitasi politik."
Robinson, sekarang seorang profesor di Universitas
California, Los Angeles (UCLA), adalah seorang mahasiswa almarhum Benedict
Anderson dan Ruth McVey di Universitas Cornell. Mereka adalah orang
pertama yang mempertanyakan akun tentara Indonesia tentang kudeta dan
pembunuhan.
Analisis mereka, yang kemudian dikenal sebagai Kertas
Cornell, didiskreditkan oleh pemerintah Indonesia dan penulisnya dilarang. Pushback
ini memastikan pandangan mereka mendapat audiens yang lebih luas.
Robinson mempertahankan api mentornya:
"Saya masih muak dan marah - terlebih karena kejahatan yang dilakukan telah dilupakan dan mereka yang bertanggung jawab belum dibawa ke pengadilan."
Upaya dilakukan pada tahun 2015 (peringatan ke-50 kudeta)
oleh akademisi, jurnalis dan keluarga korban untuk melampiaskan sejarah dan
memulai proses rekonsiliasi. Itu sebagian besar belum terjadi.
Tahun itu polisi mengancam akan menutup Festival Penulis
dan Pembaca Ubud tahunan yang terkenal secara internasional di Bali jika
mempromosikan buku tentang kudeta dan pembunuhan. Peserta marah,
penyelenggara asing memodifikasi program mereka untuk menenangkan, tetapi
diskusi berlanjut.
"Saya masih tidak tahu mengapa saya ditangkap," kata Noersmono. "Kamu bertanya kepada mereka. Apakah saya seorang Komunis? Saya tidak mengerti Komunisme - apakah Anda berbicara bahasa Rusia, Cina, atau Indonesia?"
Noersmono adalah seorang Protestan. Dia mengatakan
imannya membantunya melalui cobaan berat. Faktor lain mungkin adalah
pikirannya yang hidup, mengamati dan merekam segalanya, dan keingintahuannya
dalam teknologi lokal, seperti minyak mentah yang masih mentah untuk membuat
minyak kayu putih.
"Tidak ada dukungan dari sidang-sidang Indonesia," katanya. “Kami tidak dieksekusi karena gereja-gereja di luar negeri peduli dengan pelanggaran HAM dan menyiarkan penderitaan kami. Perlahan-lahan trotoar menjadi rileks. ”Akhirnya, keluarga pria diizinkan memasuki pulau.
Setelah bebas, Noersmono menikahi Nursilah yang ayahnya
adalah seorang tapol
"Jika saya tidak dikirim ke Buru saya tidak akan bertemu dengan kekasih saya," katanya.
“Saya selalu berusaha untuk ceria dan melihat yang positif. Tetapi saya tidak bisa memaafkan Soeharto - bukan hanya atas apa yang dia lakukan kepada kita, tetapi juga karena cara dia menghancurkan semangat dan karakter bangsa kita yang telah dibangun oleh Sukarno.“Seperti yang dikatakan para sejarawan - jika kita tidak tahu masa lalu kita, kita pasti akan mengulangi kesalahannya. Saya punya tujuh cucu. Saya tidak pernah ingin ini terjadi lagi pada mereka atau negara saya - atau orang-orang dari negara lain."
Duncan Graham, adalah jurnalis Australia
yang tinggal di Indonesia.
0 komentar:
Posting Komentar