Rabu, 30 September 2015

Cerita yang menjembatani waktu


Ditulis oleh Ayu Ratih | 30 Sep 2015

Dalam semua tahun yang saya habiskan sebagai mahasiswa di bawah Suharto, tragedi kemanusiaan tahun 1965 tidak pernah sampai kepada saya sebagai kisah yang lengkap. Sebagai seorang gadis kecil, saya sering mendengar orang dewasa di sekitar saya berbicara dalam fragmen yang menakutkan tentang 'masa-masa itu'. Mereka berbicara dengan berbisik. Sesekali saya akan mendengar kata 'Gerwani' atau 'PKI' ketika seseorang memaki seseorang yang menjengkelkan. Tetapi saya tidak tahu apa arti kata-kata itu. (PKI adalah singkatan dari Partai Komunis Indonesia, Partai Comminist Indonesia, sementara Gerwani adalah singkatan dari Gerakan Wanita Indonesia, Gerakan Wanita Indonesia yang berafiliasi dengan PKI). Bahkan film Pengkhianatan G30S / PKI (Pengkhianatan G30S / PKI), yang saya tonton hampir setiap 30 September bersama sekolah saya, tidak masuk akal sebagai sebuah cerita. Saya ingat Ade Irma Suryani, putri Jenderal Nasution, ditembak. Dan teriakan putri Jenderal Panjaitan ketika dia menyeka darah ayahnya dari wajahnya setelah dia ditembak oleh tentara di depan rumah mereka. Saya selalu takut pada tentara. Mungkin karena wanita yang membantu orang tua saya di rumah selalu menakut-nakuti kami jika kami tidak mematuhinya dengan mengancam, 'Awas, orang-orang berpakaian hijau akan datang! Mereka akan membawamu pergi '.

Guru sejarah SMP saya yang pertama kali membangkitkan minat saya di masa lalu. Miss Tridoso adalah pendongeng yang luar biasa. Tapi saya tidak ingat apa pun yang mungkin dia ceritakan tentang sejarah Indonesia, apalagi tragedi 1965. Saya belajar tentang sejarah dunia, sejarah Eropa. Di luar itu, sejarah tidak ada artinya bagiku. Itu adalah hafalan, upacara bendera, karnaval pada hari kemerdekaan, dan film-film perang tentang kaum revolusioner dengan tombak bambu yang tajam melawan tentara Belanda yang selalu mengguntur 'Kowe inlander ... Godverdomme' ('You darkie ... God damn you'). Saya rasa sebagian besar anak-anak Indonesia yang belajar sejarah di bawah Suharto memiliki ingatan yang sama. Dan kemudian saya membaca Bumi Manusia, Novel sejarah hebat Pramoedya Ananta Toer, pada pertengahan 1980-an. Baru pada saat itulah saya mulai memahami suasana kolonial tempat Indonesia dilahirkan. Sejarah tiba-tiba menjadi kumpulan cerita yang kaya dan pencarian pengetahuan yang tak berkesudahan!

Meski begitu, Soeharto tidak pernah membuat orang mudah menyukai sejarah. Jika Anda secara khusus tertarik pada mereka yang kehilangan segalanya sebagai akibat dari tragedi 1965, itu bisa sangat berbahaya. Mengambil novel Pramoedya, di mata negara pada masa itu, adalah kesalahan besar. Tiga pemuda ditangkap dan dipenjara di Yogyakarta pada tahun 1989 hanya karena diam-diam membagikan salinan tetralogi Pramoedya dan mengorganisir diskusi tentang hal itu. Ibu dari salah seorang teman saya tidak akan mau meminjamkan saya salinan " Bumi Manusia" ini sampai ia memotong sudut kanan atas halaman pembuka dengan namanya tertera di sana. Saya tidak bisa mempercayainya. Jika dia sangat takut, mengapa dia memiliki salinan buku terlarang ini? Dan dari mana dia mendapatkannya?

Saya mulai belajar sejarah di sekolah pascasarjana. Teman-teman saya dan saya secara sembunyi-sembunyi berusaha mencari tahu sejarah yang tidak pernah diceritakan sekolah dan media massa. Kami membuka-buka koran bekas yang masih bisa kami temukan di Perpustakaan Nasional. Kami menyelundupkan buku-buku terlarang dari luar negeri. Kami memfotokopi materi bacaan terlarang dari teman-teman dengan minat yang sama (belum ada internet). Kami mulai menulis tentang apa yang kami baca dan bicarakan. Yang lebih penting bagi kami adalah pertemuan pertama kami dengan mantan tahanan politik seperti Pramoedya, jika mereka tidak terlalu takut melihat kami. Kami berbicara dengan orang-orang tua ini tentang sejarah, politik, budaya, dan kehidupan sehari-hari mereka sendiri diperlakukan sebagai paria di negara yang kebebasannya telah diperjuangkan. Tidak ada yang menyebut mereka 'korban' - pemerintah Suharto menganggap mereka sebagai penjahat. Kami menyebut orang-orang ini, yang pernah menjadi perintis bersejarah, orang lama, atau orla (orang-orang dari masa lalu). Percakapan kami dengan orla ini akan terbukti sangat berpengaruh ketika kami kemudian mulai melakukan penelitian tentang tragedi 1965. Mereka memberi tahu kami siapa orang yang benar-benar penting, peristiwa mana yang harus kami perhatikan dan kisah mana yang perlu kami ungkap lebih lanjut.

Kami menyadari sejak awal betapa pentingnya kisah-kisah orla itu. Ini bukan semacam romantisme di pihak kami tentang kemuliaan masa lalu. Dengan mendengarkan dan bertukar pandangan dengan aktor-aktor bersejarah ini, kami mulai memahami bukan hanya bagaimana pemerintah Suharto mencoba membasmi semua orang yang mereka anggap komunis, tetapi bagaimana hal itu telah menghancurkan sebagian besar cita-cita berpikir dan progresif yang telah melahirkan Indonesia dan menjadikannya negara yang hebat. Sepanjang semua diskusi sembunyi-sembunyi ini, kami membangun kembali jembatan pengetahuan antar generasi yang telah dihancurkan oleh represi.

Kami harus menunggu sampai Soeharto diturunkan pada Mei 1998 sebelum kami dapat memperluas pekerjaan kami lebih jauh. Kemudian kami mulai menjangkau lebih banyak aktor bersejarah. Kami menjalin pertemanan baru di antara generasi yang lebih muda. Dan kami mendirikan sebuah institut sebagai rumah bagi apa yang kami sadari telah menjadi pekerjaan nyata kami.

Kelahiran ISSI

Pada pertengahan tahun 1998 kami berkenalan dengan pria dan wanita muda di Tim Relawan untuk Kemanusiaan (TRK, Tim Relawan untuk Kemanusiaan). Mereka bergabung bersama untuk menyelidiki kerusuhan anti-Cina yang terjadi di Jakarta pada 13-14 Mei, dan untuk membantu para korban. Mereka mengajari kami kata 'korban' dan betapa pentingnya berada di pihak korban. Kami memulai diskusi rutin di sekretariat TRK, dan memberi tahu mereka apa yang telah kami pelajari tentang tragedi 1965. Kami memutuskan untuk memulai Proyek Sejarah Lisan (OHP) untuk mewawancarai para korban tragedi 1965, terutama mereka yang tidak terkenal. Kami menyebut mereka 'pangkat dan ajukan orang'.

Sekitar lima belas orang bergabung dengan tim OHP pertama itu. Mereka berpartisipasi dalam pelatihan intensif dan sesi diskusi untuk membantu mereka melakukan wawancara. Pada akhir tahun 1999 tim pertama pergi ke berbagai kota di Jawa, Bali, Lampung dan Sulawesi Tengah. Beberapa dari mereka mengalami saat-saat tidak nyaman. Di kedua sisi meja wawancara muncul pertanyaan: seberapa jauh kita bisa mempercayai orang-orang ini? Para korban yang tidak pernah membicarakan pengalaman mereka takut akan konsekuensi dengan berani berbicara. Pewawancara yang hanya tahu sejarah mereka dari buku teks sekolah bertanya-tanya apakah cerita para korban benar dan valid sebagai sumber sejarah. Tetapi kebanyakan dari mereka segera membangun hubungan dengan para korban dan pulang ke rumah dengan kisah-kisah yang sangat kaya penuh nuansa manusia. Pengalaman mereka sebelumnya berbicara dengan para korban Mei 1998 memudahkan mereka untuk memenangkan simpati dan kepercayaan diri para korban tragedi 1965. Mereka segera berhenti menuntut 'objektivitas' yang telah dimasukkan ke dalam mereka dalam sistem pengajaran universitas Indonesia. 

Setidaknya dua pewawancara pria bertemu dengan wanita korban perkosaan atau kekerasan seksual lainnya. Wanita yang biasanya tutup mulut dalam pertemuan yang didominasi oleh pria yang lebih tua tiba-tiba diminta untuk berbicara secara pribadi dengan pewawancara. Ketika para wanita ini menumpahkan kesedihan dan kepahitan mereka tentang apa yang telah mereka alami, pewawancara merasa bingung. Bukankah seharusnya mereka melakukan sesuatu selain mendengarkan? Bukankah para sejarawan lisan juga siap membantu korban mengatasi masalah mereka? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu terus menghantui kami di awal perjalanan kami. Pewawancara yang memiliki pengalaman mendukung korban dalam kasus pelanggaran HAM lainnya merasa sangat kuat bahwa mereka harus bertindak serta melakukan penelitian. Namun, kami akhirnya sepakat bahwa kami harus memisahkan peran penelitian kami dari peran kami sebagai pendukung korban, dan kami dapat melakukannya tanpa mengorbankan kebutuhan korban. Kami biasanya merujuk korban ke teman-teman di organisasi lain yang memiliki kapasitas lebih untuk advokasi dan dukungan.

Pengalaman kami mendengarkan kisah-kisah perempuan membuat kami sadar bahwa korban perempuan seringkali membutuhkan ruang khusus untuk membuka diri. Di ruang yang didominasi pria, mereka tidak mendapatkan peluang yang mereka butuhkan. Bahkan ketika mereka berbicara, para pria yang hadir sering tidak dapat menahan diri untuk tidak berkomentar atau mengoreksi mereka. Jadi kami memutuskan untuk fokus secara intensif pada cerita-cerita wanita, di kamar yang terpisah. Bersama dengan teman-teman dari organisasi hak asasi manusia Elsam, kami membentuk Lingkar Tutur Perempuan (Lingkaran Bercerita Wanita) khususnya untuk memfasilitasi pertemuan dan wawancara perempuan. Ini mendorong kami untuk berhasil mendorong Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan, Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan) mengadakan audiensi dengan para wanita korban operasi pemerintah untuk melenyapkan dugaan anggota PKI dan komunis lainnya pada tahun 1965-1966. Komisi menerbitkan laporannya pada tahun 2007 dan menyerahkannya kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

OHP kami juga menyelidiki insiden kekerasan yang terjadi di lokasi tertentu. Setelah setidaknya 400 wawancara kami mulai melihat bahwa metode yang telah digunakan untuk menganiaya orang yang diduga komunis bervariasi dari satu daerah ke daerah lain. Meskipun secara keseluruhan militer, terutama tentara, mengendalikan seluruh operasi pemusnahan, tindakan kekerasan yang dipelopori oleh pasukan dukungan militer setempat mengklaim banyak korban. Kelompok-kelompok paramiliter menyerbu rumah-rumah, menjarah barang-barang di rumah-rumah, toko-toko dan kantor-kantor, dan membunuh orang-orang yang mereka anggap sebagai musuh negara dan bangsa. Investigasi lokal kami mengungkap pola penganiayaan, dan lebih luas lagi sejarah khusus suatu daerah. Ini membantu memperkuat kesadaran sejarah para peneliti. 

Pada tahun 2003 kami menerbitkan satu set esai berdasarkan wawancara yang telah kami lakukan selama tiga tahun sebelumnya. Pada saat yang sama kami mulai berpikir untuk membangun infrastruktur untuk menyimpan dengan aman semua rekaman wawancara dan dokumen yang telah kami kumpulkan. Setelah berkonsultasi dengan teman-teman yang telah mendukung kami sejak awal, kami memutuskan untuk membentuk Institut Sejarah Sosial Indonesia (ISSI, Institut Sejarah Sosial Indonesia), yang berbasis di Jakarta. Kami sepakat bahwa ISSI tidak hanya menjadi repositori, tetapi pusat penelitian, perpustakaan, dan arsip institusional yang akan menjaga materi kami secara profesional dan permanen. 

Tahun ini ISSI memasuki tahun kedua belas, tetapi penelitian kami tentang tragedi 1965 telah berlangsung selama 16 tahun. Kami telah mewawancarai sekitar 500 orang di kota-kota di Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan dan Sulawesi. Semua wawancara kami direkam secara digital. Kami juga telah membuat salinan digital dari banyak foto dari koleksi pribadi, yang kami gunakan untuk menyiapkan bahan pengajaran sekolah menengah tentang para korban tragedi 1965. 

Mendengarkan dan mendongeng sebagai tindakan politik

Melalui OHP, para peneliti muda kami, yang sebelumnya tidak pernah bertemu dengan seorang korban 1965, telah melakukan jauh lebih dari sekadar merekam kisah mereka. Mereka menentang demonisasi yang dilakukan pemerintah Suharto terhadap mereka yang dianiaya. Beberapa dari mereka kemudian mengatakan bahwa mereka menemukan korban di keluarga mereka sendiri yang lebih luas. Orang-orang yang dikecualikan yang tidak pernah mengatakan sepatah kata pun tentang pengalaman mereka mencari kerabat muda mereka yang bertanya tentang sejarah. Berkumpul dengan korban lain dan menceritakan kisah mereka telah membantu banyak korban perempuan untuk memahami tingkat penindasan yang telah mempengaruhi begitu banyak orang. Para wanita yang lebih tua ini juga berharap bahwa dengan menceritakan kisah mereka itu akan membantu menyelesaikan ketegangan yang timbul ketika orang-orang muda menyalahkan ibu mereka karena menyebabkan mereka begitu malu dan menderita. 

Mengirimkan ingatan antar kelompok dan antar generasi seperti ini sangat penting bagi masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Masyarakat telah dipaksa untuk melupakan bagian paling dalam dari sejarah bangsa. Untuk waktu yang sangat lama sekarang, ingatan bangsa tentang hal-hal ini telah dipenuhi dengan ketakutan dan kewaspadaan yang tidak dapat dipahami, seperti tentang 'bahaya laten komunisme' atau 'munculnya PKI baru'. Setiap langkah untuk belajar tentang sejarah adalah langkah yang ragu-ragu. Pandangan kami tentang sejarah dibekukan. Apa yang telah dilakukan ISSI sedikit demi sedikit selama 16 tahun terakhir adalah melelehkan es, terutama tentang tragedi 1965. Pada saat yang sama telah membangun kesadaran sejarah baru bahwa orang-orang yang terdesak ke samping untuk membangun Indonesia yang kita tinggali hari ini ada rahasia yang harus kita ketahui. 

Ayu Ratih (gunggaratih@gmail.com) adalah direktur Institut Sejarah Sosial Indonesia (ISSI). Situs web lembaga ini ada di http://www.sejarahsosial.org/ .

Sumber: Inside Indonesia 

0 komentar:

Posting Komentar