Baskara T Wardaya | 30 Sep
2015
Pertemuan Sekber 65 di Solo, Jawa Tengah, 2013
Rekonsiliasi politik tentu merupakan konsep yang
sederhana. Ketika tuntutan moral terlalu tinggi, momentum sosial
menderita. Definisi abstrak tentang rekonsiliasi yang melibatkan gagasan
romantis tentang pertobatan, pengampunan dan restitusi seringkali secara
politis tidak membantu.
Upaya-upaya untuk menyelesaikan rekonsiliasi politik
mengenai kekerasan massal tahun 1960-an dimulai tak lama setelah jatuhnya
pemerintahan Presiden Suharto pada tahun 1998. Sejumlah organisasi
non-pemerintah didirikan dengan maksud untuk memberikan bantuan politik bagi
para korban pelanggaran HAM masa lalu, terutama para korban politikus 1965-66,
juga dikenal sebagai Tragedi '65 (tragedi 1965).
Sebagian besar organisasi ini berbasis di Jakarta dan
memiliki agenda politik yang kuat. Mereka secara langsung menuntut agar
pemerintah bertanggung jawab atas apa yang terjadi pada 1965-66. Mereka
juga meminta agar tuntutan para korban dan mereka yang selamat dari tragedi
1965 dipenuhi, termasuk pertobatan dan restitusi resmi.
Beberapa dari organisasi ini menghadapi tantangan
serius. Kegiatan mereka sering menimbulkan reaksi keras dalam bentuk
tekanan politik dan protes publik dari militer dan kelompok sipil yang menentang
diskusi publik tentang tragedi 1965. Hal ini menyebabkan perpecahan
internal dalam kelompok-kelompok yang bekerja untuk rekonsiliasi pada
pertanyaan tentang bagaimana berurusan dengan pemerintah. Beberapa
organisasi bahkan putus karena pertanyaan ini.
Pada 2004, parlemen mengeluarkan undang-undang untuk
membentuk komisi kebenaran dan rekonsiliasi. Apakah masalah seputar
tragedi 1965 sekarang akhirnya ditangani? Sayangnya undang-undang tersebut
menciptakan perpecahan di antara para aktivis hak asasi manusia sehubungan
dengan pertanyaan apakah rekonsiliasi dan amnesti memerlukan mekanisme hukum
dan pengungkapan kebenaran. Yang mengejutkan banyak orang, Mahkamah
Konstitusi Indonesia menanggapinya dengan mencabut undang-undang itu seluruhnya
pada bulan Desember 2006.
Upaya rekonsiliasi
lokal
Dengan latar belakang ini, lahirlah kelompok-kelompok
baru yang menangani nasib para penyintas tahun 1965, tetapi mereka melakukannya
tanpa secara langsung dan politis menantang pemerintah pusat. Salah
satunya adalah sekelompok penyintas di Solo, Jawa Tengah, yang mendirikan
organisasi bernama Sekretariat Bersama 1965 (Sekretariat Bersama 1965) atau
SekBer '65.
Didirikan pada tahun 2005, SekBer '65 berbeda dari
organisasi lain yang berurusan dengan tragedi 1965 dalam lingkup dan
pendekatannya. Di mana orang lain fokus pada ibukota Indonesia, Jakarta,
SekBer '65 bertujuan untuk menjadi 'sekretariat bersama' yang mengoordinasikan
organisasi-organisasi yang selamat di tingkat kabupaten di Jawa
Tengah. Yang paling penting, itu menghindari pendekatan politik dan
menghindari konfrontasi langsung dengan pemerintah pusat.
Ia tidak, misalnya, bergabung dalam upaya menekan
pemerintah untuk membatalkan dekrit 1966 yang melarang komunisme dan
Marxisme-Leninisme di Indonesia (apa yang disebut TAP MPRS No.
25/1966). SekBer '65 juga menolak untuk bergabung dengan kelompok yang
menuntut pengadilan terhadap pelaku tragedi 1965. Sebagian besar pelaku
kejahatan sudah mati. Terlebih lagi, dalam pandangan SekBer '65, sistem
hukum Indonesia masih sangat korup. Kelompok ini merasa hampir tidak
mungkin bagi para penyintas untuk memenangkan kasus mereka.
SekBer '65 benar-benar berharap bahwa negara, dalam hal
ini pemerintah, meminta maaf kepada rakyat Indonesia atas 'tragedi kemanusiaan
yang luar biasa' tahun 1965-66. Tetapi sebelum permintaan maaf seperti itu
menjadi kenyataan, SekBer '65 bekerja pada rekonsiliasi dari bawah dengan
mengorganisir forum di tingkat akar rumput. Ia berharap bahwa upaya-upaya
semacam itu akan membuat penanganan pelanggaran HAM masa lalu lebih konkret,
dan karenanya akan mendorong rekonsiliasi di tempat lain.
SekBer '65 menekankan pentingnya hubungan pribadi -
antara sesama penyintas dan antara penyintas dan anggota masyarakat lainnya
tempat mereka tinggal. Dengan cara ini, kelompok mengantisipasi kehadiran
kelompok di Jawa Tengah yang siap untuk melawan dan bahkan menyerang forum apa
pun yang membahas masalah 1965.
Apolitis?
Suatu pendekatan politik tentu saja tetap menjadi pilihan
untuk SekBer '65, tetapi hanya di mana itu secara langsung membantu para korban
yang selamat dalam keadaan buruk mereka dan tidak memperumit
situasi. 'Politik' dalam pengertian ini berarti bagi SekBer '65 mekanisme
non-peradilan, upaya untuk mengatasi masalah 1965 melalui rekonsiliasi dalam
kerangka kerja komisi kebenaran dan rekonsiliasi. Ketika Komisi Hak Asasi
Manusia Indonesia (Komnas HAM) merekomendasikan dua alternatif untuk
menyelesaikan masalah tahun 1965 pada tahun 2012 - yaitu melalui mekanisme
hukum atau politik - SekBer '65 memilih mekanisme politik.
Organisasi anggota SekBer '65 lokal mengadakan pertemuan
bulanan di lokasi masing-masing. Kadang-kadang mereka mengadakan forum
yang lebih besar di Solo, rumah bagi administrasi koordinasi pusat. Untuk
meningkatkan kesadaran tentang pentingnya rekonsiliasi, SekBer '65 bekerja sama
dengan kelompok lain, termasuk organisasi mahasiswa. Ini host forum
diskusi publik, mengumpulkan catatan korban tragedi 1965 yang masih hidup, dan
membuat inventaris kuburan massal. Terlepas dari sikap apolitisnya, SekBer
'65 mencari dukungan internasional untuk menekan pemerintah Indonesia untuk
mengakui tragedi 1965 sebagai pelanggaran HAM berat.
Bpk. Ngismail (107 tahun,
katanya) seorang penyintas tahun 1965 dari Klaten, Jawa Tengah, 2014
Awalnya, SekBer '65 berkembang lambat dan hanya di daerah
Solo. Namun kemudian mulai berkembang pesat ke daerah lain di Jawa
Tengah. Pada awalnya, SekBer '65 tidak yakin bagaimana berhubungan dengan
pemerintah daerah. Tetapi ketika mendapat kepercayaan diri itu memulai
komunikasi dan bahkan mulai bekerja sama dengan kantor-kantor
pemerintah. Yang mengejutkan, beberapa dari mereka tidak memiliki masalah
dengan keberadaan dan kegiatan organisasi.
Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi (Kominfo)
Indonesia memberi SekBer '65 izin untuk menggunakan gedungnya di Solo untuk dua
seminar pada 1965. Pada November 2012, SekBer '65 menyelenggarakan diskusi buku
yang dihadiri, antara lain, Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo. Hampir
setahun kemudian, pada bulan September 2013, SekBer '65 mengadakan pemutaran
film dokumenter publik 40 Years of Silence: Tragedi Indonesia, di mana para
korban tragedi 1965 menceritakan pengalaman mereka.
Kehadiran Walikota Solo pada 2012 itu penting. Dia
bersedia terlibat dalam dialog dengan para penyintas tragedi 1965 dan tampaknya
berkomitmen untuk membantu mereka menikmati hak dan manfaat yang sama dengan
warga Solo lainnya. Bupati Karanganyar, dekat Solo, juga merespons secara
positif dengan memberikan layanan kesehatan dan layanan lainnya kepada anggota
Sekber '65.
Banyaknya tanggapan positif yang dinikmati SekBer '65
tidak berarti anggotanya tidak mengalami kesulitan. Pada 24 Februari 2015,
SekBer '65 akan menjadi tuan rumah sebuah forum tentang program kesehatan
pemerintah untuk para penyintas, bersama dengan Komnas HAM dan Lembaga
Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Tiba-tiba pertemuan itu
diserang. Sekelompok orang yang memegang bendera dan spanduk dengan simbol
anti-komunis dan Islam memblokir tempat forum. Para pengunjuk rasa melarang
peserta untuk memasuki lokasi forum sambil meneriakkan slogan-slogan
anti-komunis. Personel keamanan yang hadir tidak melakukan apa pun untuk
melindungi para penyintas. Pada akhirnya forum dibatalkan.
Terlepas dari kejadian ini, pemerintah Indonesia mendesak
Kementerian Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Budaya untuk mengambil langkah
konkret untuk memberikan bantuan kesehatan dan ekonomi bagi para penyintas
tragedi 1965. Ini penting karena praktik diskriminasi anti-komunis telah
lama mempersulit banyak penyintas untuk mendapatkan pekerjaan. Banyak juga
yang kesehatannya buruk karena usia lanjut. Salah satu langkah yang
dilakukan oleh kementerian adalah menyediakan program pelatihan bagi anggota
keluarga yang selamat dari 1965 untuk membuat produk rumah tangga, yang
penjualannya akan menghasilkan pendapatan.
Menjelang
rekonsiliasi
Bahkan di Afrika Selatan, seperti ditulis Charles
Villa-Vicencio, rekonsiliasi politik adalah 'konsep yang seharusnya
sederhana'. Kondisi di Indonesia mungkin bahkan lebih tidak kondusif
daripada di Afrika Selatan Nelson Mandela. Pendekatan apolitis SekBer '65
harus dihargai sebagai konsep sederhana yang bertujuan
rekonsiliasi. Metodenya meminimalkan kemungkinan tekanan dari kelompok
anti-1965. Korban merasa aman dan aman, dan mereka menjadi lebih bersedia
untuk bergabung dengan kegiatan SekBer '65.
Pada saat yang sama, harus diakui bahwa inisiatif SekBer
'65 tidak cukup untuk mencapai rekonsiliasi di tingkat nasional, kecuali dengan
menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama. Pendekatan SekBer
'65-an' non-politik 'sebenarnya cukup politis. Tetapi ini terbatas dalam
skala. Ia tidak adil terhadap besarnya dan dampak dari tragedi 1965, atau
terhadap faktor-faktor nasional dan internasional yang menyebabkannya. Memang,
mekanisme non-peradilan dalam bentuk rekonsiliasi bukanlah jawaban untuk semua
masalah hak asasi manusia. Ini bisa menjadi mekanisme yang tepat untuk
menghadapi tragedi 1965. Tetapi sebagai cara untuk mengatasi masalah hak
asasi manusia yang lebih baru, seperti pembunuhan di luar hukum tahun 1980-an
dan kerusuhan Mei 1998, itu mungkin tidak cukup.
Baskara T Wardaya (baskaramu@yahoo.com) adalah
dosen di Universitas Sanata Dharma di Yogyakarta. Volume kisah penyintas
tahun 1965 yang dieditnya diluncurkan pada pertemuan Sekber '65 pada tahun
2012. Ini diterjemahkan sebagai Truth Will Out: Akun Indonesia tentang
Kekerasan Massal 1965 (2013).
Source: Inside Indonesia
0 komentar:
Posting Komentar