Selasa, 22 September 2015

Seskab: Presiden Tak Pernah Bahas Permintaan Maaf PKI

Selasa, 22 September 2015 | 16:29

Pramono Anung (ANTARA FOTO/Ismar Patrizki)

[JAKARTA] Sekretaris Kabinet (seskab), Pramono Anung mengatakan, rencana permintaan maaf pemerintah kepada PKI memang tidak pernah dibahas dalam rapat-rapat dengan Presiden.

Pramono mengatakan, yang menjadi perhatian utama Presiden Joko Widodo saat ini adalah soal ekonomi.

"Persoalan permintaan maaf dan sebagainya itu tidak pernah dibicarakan dalam rapat-rapat di kabinet maupun ketika kami mendampingi," kata Pramono di kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/9).

Dia mengatakan memang tak mendampingi presiden dalam pertemuan dengan pengurus pusat Muhammadiyah hari ini. Namun soal permintaan maaf itu pula pernah ditanggapi Joko Widodo saat bertemu dengan komunitas diaspora di Doha, Qatar.

"Dan sikap presiden sudah disampaikan secara jelas bahwa konsenteasi Beliau sekarang ini adalah menyelesaikan persoalan ekonomi yang sedang dihadapi bangsa ini," kata Pramono.

Permintaan maaf terhadap PKI mencuat tatkala adanya pembelokan informasi sejarah yang dilakukan pada era Orde Baru. Pula akibat adanya pembantaian terhadap PKI dan keluarganya di sejumlah daerah pada awal-awal Republik merdeka.

"Ya intinya bahwa itu tidak dalam domain pemikiran Beliau saat ini," kata politikus partai moncong putih ini.

Sikap presiden itu diminta Pramono tidak diinterpretasikan macam-macam. Hanya menurut dia, presiden memang fokus kepada hal-hal yang mendesak saat ini. [ES/L-8]

http://sp.beritasatu.com/home/seskab-presiden-tak-pernah-bahas-permintaan-maaf-pki/96976

0 komentar:

Posting Komentar