Asvi Warman Adam
Jakarta /
Sel, 26 Juni 2018 / 11:47 pagi
Pengadilan Rakyat Internasional (IPT) tentang kejahatan
terhadap kemanusiaan 1965 di Indonesia diadakan di Nieuwe Kerk di Den Haag,
Belanda, pada 10 hingga 13 November 2016. (Sumber dari International People's
Tribunal 1965 / -)
Hanya satu tahun tersisa sebelum Presiden Joko “Jokowi”
Widodo mengakhiri masa kepresidenannya. Bisakah dia memenuhi janji
kampanyenya 2014 untuk menyelesaikan masalah HAM masa lalu? Pada 31 Mei,
ia secara langsung mendengar aspirasi para pengunjuk rasa "Kamisan"
yang berunjuk rasa setiap hari Kamis di depan Istana Merdeka, menuntut keadilan
atas pelanggaran hak asasi manusia yang belum terselesaikan.
Jokowi dikabarkan memiliki rencana untuk bergabung dengan teleconference dengan orang-orang buangan Indonesia di Eropa dalam waktu dekat. Mereka termasuk mantan mahasiswa yang sedang belajar atau mengunjungi negara-negara yang bersahabat dengan pemerintah Presiden Sukarno saat itu, yang menemukan paspor mereka disita setelah kekacauan politik 1965 karena mereka dianggap loyalis Sukarno dan karenanya kiri.
Laporan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) tahun 2012 tentang pelanggaran serius hak asasi manusia pada tahun 1965 belum ditindaklanjuti secara progresif oleh Kejaksaan Agung.
Sementara itu, awal tahun 2018 melihat rilis tiga buku ilmiah tentang genosida komunis yang dirasakan pada tahun 1965 : Musim Pembunuhan Geoffrey Robinson : Sejarah Pembantaian Indonesia, 1965-66, Angkatan Darat Jess Melvin dan Genosida Indonesia: Mekanika Pembunuhan Massal dan karya lain yang diedit oleh Katherine McGregor et al, Genosida Indonesia tahun 1965: Penyebab, Dinamika, dan Warisan.
Melawan penelitian sebelumnya, Melvin membantah klaim resmi bahwa pembunuhan massal 1965-1966 adalah kejadian spontan di antara masyarakat dan menggarisbawahi bahwa perintah tertulis untuk membasmi tersangka komunis dan pendukung mereka dikeluarkan oleh militer. Ia mengutip sumber otentik, laporan tahunan 1965 oleh Komando Daerah Militer Aceh. Robinson juga menyatakan bahwa Angkatan Darat bertanggung jawab atas pembunuhan massal.
Sementara konflik horizontal memang dilaporkan di antara penduduk setempat, dan sementara Perang Dingin adalah ancaman global, tragedi itu tidak akan terjadi jika tentara tidak melakukan intervensi.
Pemerintah tidak perlu menyangkal temuan itu; lebih baik untuk menemukan apa yang dikatakan Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) dan, jika perlu, menugaskan mereka untuk melakukan penelitian lapangan mereka sendiri.
Jokowi adalah presiden yang tidak memiliki masalah dengan masa lalu. Dia bukan pejabat atau anggota dewan partai politik apa pun selama Orde Baru. Dia tidak pernah melanggar hukum sejauh yang kita tahu. Presiden sebelumnya Susilo Bambang Yudhoyono adalah menantu Sarwo Edhie, komandan Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD) pada tahun 1965, yang memimpin operasi untuk menghancurkan Partai Komunis Indonesia (PKI). Ini, tentu saja, memberi Yudhoyono kendala pribadi dalam menyelesaikan kasus 1965. Di atas kertas, akan lebih mudah bagi Jokowi untuk menemukan solusi bagi pelanggaran HAM. Dia bukan anggota PKI atau organisasi afiliasinya.
Dalam kampanye presiden 2014, Jokowi menyampaikan program pengembangan sembilan poinnya, Nawa Cita. Penyelesaian yang dijanjikan atas pelanggaran HAM masa lalu tercermin dalam rencana pembangunan jangka menengah pemerintahnya.
Di negara-negara yang sedang menjalani transisi dari rezim otoriter ke demokrasi, pelanggaran HAM berat diselesaikan oleh pengadilan HAM ad hoc dan komisi kebenaran dan rekonsiliasi. Indonesia memiliki pengadilan yang dibentuk untuk kasus-kasus Timor Timur. Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi telah ditandatangani, tetapi Mahkamah Konstitusi membatalkannya setelah permintaan peninjauan kembali.
Rekonsiliasi antara korban kudeta 1965 dan anggota Nahdlatul Ulama (NU), organisasi Islam terbesar yang masa mudanya bergabung dalam perburuan penyihir melawan kaum kiri, telah berlangsung di tingkat akar rumput, diprakarsai oleh kelompok pemuda, Syarikat (Pelajar Islam untuk Komunitas Advokasi) di Yogyakarta - sebuah gerakan yang kemudian menyebar ke seluruh Jawa.
Forum Anak-Anak Pemimpin Nasional (FSAB) menyatukan para korban dari berbagai sisi konflik kekerasan yang berbeda. Di antara yang lain, Amelia Yani, Ilham Aidit dan Sarjono Kartosuwirjo - masing-masing adalah putri seorang jenderal yang terbunuh pada tahun 1965, putra seorang pemimpin PKI yang dilaporkan tewas ditembak dalam pelarian dan putra dari pemimpin yang dieksekusi dari gerakan Islamis DI / TII. - Membuat komitmen untuk menghentikan konflik dan menghentikannya ke generasi mendatang. Upaya rekonsiliasi semacam itu tidak melibatkan intervensi pemerintah dan harus dilanjutkan.
Pemerintahan Jokowi sungguh-sungguh dalam upayanya untuk menyelesaikan kasus-kasus 1965, seperti yang ditunjukkan dalam organisasi simposium yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah. Acara mani pada bulan April 2016 di Jakarta dipimpin oleh seorang anggota Dewan Penasihat Presiden, Sidarto Danusubroto, bekerja dengan Letjen (purn.) Agus Widjojo, yang ayahnya juga di antara para perwira yang terbunuh pada tahun 1965.
Mengatasi para korban 1965 pada pertemuan lain, Agus, gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), mengatakan dia percaya akan perlunya menetapkan kondisi di mana presiden dapat membuat keputusan dengan nyaman, tanpa tentangan dari kedua belah pihak.
Saya menyarankan Presiden Jokowi untuk menyelesaikan kasus-kasus yang melibatkan kebijakan negara. Pertama, pencabutan kewarganegaraan pelajar Indonesia yang dikirim ke luar negeri dan anggota kelompok yang berbeda pada tahun 1965 dan 1966. Kebijakan itu tidak hanya merugikan kewarganegaraan mereka tetapi juga secara tiba-tiba memisahkan mereka dari keluarga, yang tidak dapat mereka temui selama beberapa dekade.
Banyak dari orang-orang yang selamat yang berusia lanjut ini adalah warga negara di negara tempat mereka tinggal. Solusi: Presiden mengakui bahwa kebijakan untuk mencabut kewarganegaraan mereka memang dikeluarkan di masa lalu, bahwa ia menyesal dan menegaskan bahwa hal itu tidak boleh terjadi lagi.
Kedua, kasus tahanan pulau Buru. Lebih dari 11.000 orang dipindahkan secara paksa ke pulau di provinsi Maluku selama 10 tahun, 1969 hingga 1979, tanpa diadili. Fakta-fakta seputar kasus ini sangat jelas sebagaimana dikutip dalam laporan Komnas HAM - tempat, waktu, korban dan individu yang bertanggung jawab - sebagaimana tercermin oleh perintah Komando Operasional untuk Pemulihan Keamanan dan Ketertiban (Kopkamtib) kepada administrator pemukiman kembali Pulau Buru , yang juga Kejaksaan Agung, sedangkan komandan Kopkamtib melapor langsung kepada presiden.
Para tahanan dipaksa untuk bekerja dari senja hingga fajar, dan bahkan sampai larut malam untuk menyiapkan tanah pertanian dan melakukan tugas-tugas lain untuk kepala penjaga keamanan, tanpa dibayar. Setiap kali mereka terlihat beristirahat sebelum diperintahkan, komandan akan memukuli mereka. Keputusan presiden harus dikeluarkan untuk mengembalikan nama para tahanan, setelah mempertimbangkan rekomendasi dari Mahkamah Agung. Hari ini kita tidak tahu berapa banyak yang masih hidup di antara mereka yang selamat, yang kemungkinan berusia 80-an.
Kasus-kasus pelanggaran HAM masa lalu tidak bisa diselesaikan dalam satu masa jabatan presiden. Siapa pun yang memenangkan pemilihan presiden dan wakil presiden selanjutnya diharapkan akan memiliki perhatian besar terhadap kasus-kasus hak asasi manusia yang belum terselesaikan.
Jokowi dikabarkan memiliki rencana untuk bergabung dengan teleconference dengan orang-orang buangan Indonesia di Eropa dalam waktu dekat. Mereka termasuk mantan mahasiswa yang sedang belajar atau mengunjungi negara-negara yang bersahabat dengan pemerintah Presiden Sukarno saat itu, yang menemukan paspor mereka disita setelah kekacauan politik 1965 karena mereka dianggap loyalis Sukarno dan karenanya kiri.
Laporan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) tahun 2012 tentang pelanggaran serius hak asasi manusia pada tahun 1965 belum ditindaklanjuti secara progresif oleh Kejaksaan Agung.
Sementara itu, awal tahun 2018 melihat rilis tiga buku ilmiah tentang genosida komunis yang dirasakan pada tahun 1965 : Musim Pembunuhan Geoffrey Robinson : Sejarah Pembantaian Indonesia, 1965-66, Angkatan Darat Jess Melvin dan Genosida Indonesia: Mekanika Pembunuhan Massal dan karya lain yang diedit oleh Katherine McGregor et al, Genosida Indonesia tahun 1965: Penyebab, Dinamika, dan Warisan.
Melawan penelitian sebelumnya, Melvin membantah klaim resmi bahwa pembunuhan massal 1965-1966 adalah kejadian spontan di antara masyarakat dan menggarisbawahi bahwa perintah tertulis untuk membasmi tersangka komunis dan pendukung mereka dikeluarkan oleh militer. Ia mengutip sumber otentik, laporan tahunan 1965 oleh Komando Daerah Militer Aceh. Robinson juga menyatakan bahwa Angkatan Darat bertanggung jawab atas pembunuhan massal.
Sementara konflik horizontal memang dilaporkan di antara penduduk setempat, dan sementara Perang Dingin adalah ancaman global, tragedi itu tidak akan terjadi jika tentara tidak melakukan intervensi.
Pemerintah tidak perlu menyangkal temuan itu; lebih baik untuk menemukan apa yang dikatakan Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) dan, jika perlu, menugaskan mereka untuk melakukan penelitian lapangan mereka sendiri.
Jokowi adalah presiden yang tidak memiliki masalah dengan masa lalu. Dia bukan pejabat atau anggota dewan partai politik apa pun selama Orde Baru. Dia tidak pernah melanggar hukum sejauh yang kita tahu. Presiden sebelumnya Susilo Bambang Yudhoyono adalah menantu Sarwo Edhie, komandan Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD) pada tahun 1965, yang memimpin operasi untuk menghancurkan Partai Komunis Indonesia (PKI). Ini, tentu saja, memberi Yudhoyono kendala pribadi dalam menyelesaikan kasus 1965. Di atas kertas, akan lebih mudah bagi Jokowi untuk menemukan solusi bagi pelanggaran HAM. Dia bukan anggota PKI atau organisasi afiliasinya.
Dalam kampanye presiden 2014, Jokowi menyampaikan program pengembangan sembilan poinnya, Nawa Cita. Penyelesaian yang dijanjikan atas pelanggaran HAM masa lalu tercermin dalam rencana pembangunan jangka menengah pemerintahnya.
Di negara-negara yang sedang menjalani transisi dari rezim otoriter ke demokrasi, pelanggaran HAM berat diselesaikan oleh pengadilan HAM ad hoc dan komisi kebenaran dan rekonsiliasi. Indonesia memiliki pengadilan yang dibentuk untuk kasus-kasus Timor Timur. Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi telah ditandatangani, tetapi Mahkamah Konstitusi membatalkannya setelah permintaan peninjauan kembali.
Rekonsiliasi antara korban kudeta 1965 dan anggota Nahdlatul Ulama (NU), organisasi Islam terbesar yang masa mudanya bergabung dalam perburuan penyihir melawan kaum kiri, telah berlangsung di tingkat akar rumput, diprakarsai oleh kelompok pemuda, Syarikat (Pelajar Islam untuk Komunitas Advokasi) di Yogyakarta - sebuah gerakan yang kemudian menyebar ke seluruh Jawa.
Forum Anak-Anak Pemimpin Nasional (FSAB) menyatukan para korban dari berbagai sisi konflik kekerasan yang berbeda. Di antara yang lain, Amelia Yani, Ilham Aidit dan Sarjono Kartosuwirjo - masing-masing adalah putri seorang jenderal yang terbunuh pada tahun 1965, putra seorang pemimpin PKI yang dilaporkan tewas ditembak dalam pelarian dan putra dari pemimpin yang dieksekusi dari gerakan Islamis DI / TII. - Membuat komitmen untuk menghentikan konflik dan menghentikannya ke generasi mendatang. Upaya rekonsiliasi semacam itu tidak melibatkan intervensi pemerintah dan harus dilanjutkan.
Pemerintahan Jokowi sungguh-sungguh dalam upayanya untuk menyelesaikan kasus-kasus 1965, seperti yang ditunjukkan dalam organisasi simposium yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah. Acara mani pada bulan April 2016 di Jakarta dipimpin oleh seorang anggota Dewan Penasihat Presiden, Sidarto Danusubroto, bekerja dengan Letjen (purn.) Agus Widjojo, yang ayahnya juga di antara para perwira yang terbunuh pada tahun 1965.
Mengatasi para korban 1965 pada pertemuan lain, Agus, gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), mengatakan dia percaya akan perlunya menetapkan kondisi di mana presiden dapat membuat keputusan dengan nyaman, tanpa tentangan dari kedua belah pihak.
Saya menyarankan Presiden Jokowi untuk menyelesaikan kasus-kasus yang melibatkan kebijakan negara. Pertama, pencabutan kewarganegaraan pelajar Indonesia yang dikirim ke luar negeri dan anggota kelompok yang berbeda pada tahun 1965 dan 1966. Kebijakan itu tidak hanya merugikan kewarganegaraan mereka tetapi juga secara tiba-tiba memisahkan mereka dari keluarga, yang tidak dapat mereka temui selama beberapa dekade.
Banyak dari orang-orang yang selamat yang berusia lanjut ini adalah warga negara di negara tempat mereka tinggal. Solusi: Presiden mengakui bahwa kebijakan untuk mencabut kewarganegaraan mereka memang dikeluarkan di masa lalu, bahwa ia menyesal dan menegaskan bahwa hal itu tidak boleh terjadi lagi.
Kedua, kasus tahanan pulau Buru. Lebih dari 11.000 orang dipindahkan secara paksa ke pulau di provinsi Maluku selama 10 tahun, 1969 hingga 1979, tanpa diadili. Fakta-fakta seputar kasus ini sangat jelas sebagaimana dikutip dalam laporan Komnas HAM - tempat, waktu, korban dan individu yang bertanggung jawab - sebagaimana tercermin oleh perintah Komando Operasional untuk Pemulihan Keamanan dan Ketertiban (Kopkamtib) kepada administrator pemukiman kembali Pulau Buru , yang juga Kejaksaan Agung, sedangkan komandan Kopkamtib melapor langsung kepada presiden.
Para tahanan dipaksa untuk bekerja dari senja hingga fajar, dan bahkan sampai larut malam untuk menyiapkan tanah pertanian dan melakukan tugas-tugas lain untuk kepala penjaga keamanan, tanpa dibayar. Setiap kali mereka terlihat beristirahat sebelum diperintahkan, komandan akan memukuli mereka. Keputusan presiden harus dikeluarkan untuk mengembalikan nama para tahanan, setelah mempertimbangkan rekomendasi dari Mahkamah Agung. Hari ini kita tidak tahu berapa banyak yang masih hidup di antara mereka yang selamat, yang kemungkinan berusia 80-an.
Kasus-kasus pelanggaran HAM masa lalu tidak bisa diselesaikan dalam satu masa jabatan presiden. Siapa pun yang memenangkan pemilihan presiden dan wakil presiden selanjutnya diharapkan akan memiliki perhatian besar terhadap kasus-kasus hak asasi manusia yang belum terselesaikan.
***
Penulis adalah seorang
sejarawan di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).
0 komentar:
Posting Komentar